ini juga akan mendorong industri pupuk di Indonesia untuk menjalankan program peningkatan kualitas lingkungan, menjaga keselarasan dan keselamatan bumi
Jakarta (ANTARA) -
PT Pupuk Indonesia meraih penghargaan Emisi Korporasi 2021 yang diberikan oleh BeritaSatu Media Holding, Majalah Investor, dan PT Bumi Global Karbon sebagai perusahaan yang berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca untuk mencegah perubahan iklim.
 
Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat, Pupuk Indonesia menerima dua penghargaan yaitu Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan kategori "Green Elite" dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan kategori "Silver Plus".
 
Direktur Produksi Pupuk Indonesia Bob Indiarto menyampaikan bahwa penghargaan ini akan meningkatkan kinerja Pupuk Indonesia dalam upaya penurunan emisi, sehingga dapat mendukung target pemerintah mencapai penurunan emisi lingkungan.
 
"Kegiatan ini juga akan mendorong industri pupuk di Indonesia untuk menjalankan program peningkatan kualitas lingkungan, menjaga keselarasan dan keselamatan bumi," kata Bob Indiarto.


Baca juga: Program Agro Solution Pupuk Indonesia raih penghargaan inovasi terbaik
 
 
News Director BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu menjelaskan bahwa tujuan dari penghargaan ini adalah untuk membangkitkan kesadaran korporasi dalam mengurangi emisi karbon. Menurutnya, korporasi yang memiliki kesadaran mengurangi karbon dan memiliki langkah konkret pasti mendapat apresiasi dari publik.
 
"Hari ini kami memberikan apresiasi kepada 32 perusahaan yang sukses menurunkan emisi karbon," katanya.
 
Primus Dorimulu berharap penghargaan ini dapat memotivasi korporasi yang mendapatkan penghargaan untuk konsisten dalam upaya penurunan emisi, serta dapat menginspirasi korporasi lain dalam menekan emisi karbon.
 
"Setiap dari kita memiliki tanggung jawab untuk memulihkan bumi. Karena bumi bukan hanya milik kita sekarang, tapi juga milik generasi mendatang," ujarnya.
 
Sementara itu, Founder PT Bumi Global Karbon Deni Daruri menjelaskan bahwa dasar penilaian dari penghargaan ini antara lain laporan berkelanjutan (sustainability report) 2019 yang dipublish di masing-masing website pada tahun 2020. Kemudian ada tidaknya perhitungan emisi perusahaan beserta perhitungan penurunan dalam laporan.

Baca juga: Pupuk Indonesia dinobatkan sebagai Indonesia Trusted Companies
 
 
"Kami juga melihat apakah sustainability report tersebut memiliki assurance report dengan lingkup topik lingkungan," jelas Deni Daruri.
 
Ia mengungkapkan bahwa penurunan emisi korporasi tidak hanya implementasi kepedulian perusahaan pada pemanasan bumi. Tapi juga menjadi gambaran operasional perusahaan yang efisien.
 
Lebih lanjut Deni Daruri menjelaskan bahwa korporasi yang mendapatkan "Green Elite" seperti Pupuk Indonesia karena dinilai mampu menyampaikan penurunan emisi dalam laporan dan teraudit pihak ketiga. Sedangkan kategori "Silver Plus" didapat karena melakukan perhitungan satu scope emisi langsung, seperti bahan bakar minyak, freon AC atau lainnya, serta teraudit.
 
Pupuk Indonesia mendapatkan penghargaan “Emisi Korporasi 2021” bersama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur yang merupakan anggota holding, yaitu Penurunan Emisi Korporasi Sektor Non-emiten dan Non-BUMN "Green Elite" dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Non-emiten dan Non-BUMN "Platinum Plus".
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021