KPU Banjarmasin: Partisipasi pemilih di PSU terpantau cukup baik

id PSU Pilkada Banjarmasin 2020, KPU Banjarmasin, Pilkada Kalsel 2020

Para pemilih antre untuk menyalurkan hak pilihnya pada PSU Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 di Banjarmasin, Rabu (28-4-2021). ANTARA/HO

Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengklaim partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kota Banjarmasin 2020 di tiga kelurahan di Banjarmasin Selatan terpantau cukup baik.

"Dari beberapa TPS yang didatangi, alhamdulillah partisipasi lumayan, lebih dari separuh dapat yang datang sekitar pukul 10.00 WITA. Mudah-mudahan di TPS yang lainnya begitu juga," kata anggota KPU Kota Banjarmasin Syafruddin Akbar di Banjarmasin, Rabu.

Salah satu tempat pemungutan suara (TPS) yang dipantaunya langsung adalah TPS 07 di Kelurahan Basirih Selatan, terlihat warga yang terdata sebagai pemilih di sana cukup antusias untuk menyalurkan hak pilihnya meski pada bulan puasa.

"Pagi-pagi, sudah banyak pemilih yang datang ke TPS," ujarnya.

Baca juga: KPU dan Bawaslu Pusat pantau langsung kesiapan PSU Pilkada Banjarmasin

Ia berharap kondisi seperti di TPS 07 Basirih Selatan ini juga sama dengan TPS lainnya, tercatat ada 80 TPS dengan total pemilih sebanyak 29.000 orang.

Dari pantauan di beberapa TPS, seperti di TPS 02 Basirih Selatan, jumlah pemilih yang terdata sebanyak 403 orang. Menurut Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Recky Ananda banyak pemilih datang pagi hari.

"Karena pas hari kerja juga 'kan hari ini, jadi banyak pemilih datang pagi hari," tuturnya.

Pelaksanaan PSU di TPS 02 Basirih Selatan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti adanya tempat cucian tangan dan pengukuran suhu tubuh. Mereka yang tak menggunakan masker, petugas memberi kain penutup mulut dan hidung itu secara gratis.

Di TPS 08 Jalan Kenari I, kondisinya tidak jauh berbeda dengan TPS 02. Mayoritas pemilih di sana lebih memilih datang lebih awal.

Di TPS 08 untuk jumlah total pemilih sebanyak 328 orang dengan perincian laki-laki dan perempuan masing-masing 164 orang.

Pengawas TPS 08 Basirih Selatan Sadriansyah mengatakan bahwa pemilih paling banyak datang ke TPS sekitar pukul 08.00—09.00 WITA.

"Yang datang sampai pukul 10.00 WITA tadi sekitar 130 orang yang sudah menyalurkan suaranya," ujarnya.

Baca juga: 29.056 surat suara untuk PSU Pilkada Banjarmasin sudah siap

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 ini diikuti empat pasangan calon, yakni paslon nomor urut 01 H. Haris Makkie-Ilham Noor, paslon nomor urut 02 H. Ibnu Sina-H. Arifin Noor, paslon nomor urut 03 H. Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Alhabsy, dan paslon nomor urut 04 Hj. Ananda-H. Mushaffa Zakir.


Pewarta : Sukarli
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar