993 siswa terbaik raih beasiswa QSA dengan total Rp40 miliar

id QSA,Quipper Awards,beasiswa Quipper,Aris Junaidi

Acara Quipper Scholarship Awards (QSA) secara daring beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 993 siswa terbaik berhasil meraih beasiswa pendidikan Quipper Scholarship Awards (QSA) senilai Rp40 miliar dari 13 universitas swasta ternama yang bekerja sama dengan Quipper.

“Kami menghargai program ini, karena sejalan dengan dengan program KIP yang saat ini sudah berjalan. Semoga proses pembelajaran seluruh siswa penerima beasiswa berjalan dengan lancar serta dapat mencetak SDM yang unggul,” ujar Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud, Prof Aris Junaidi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Perguruan tinggi yang memberikan beasiswa itu adalah Ciputra School of Business (CSB) Makassar, Institut Teknologi PLN (IT PLN), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Purwokerto, IPMI International Business School, Kalbis Institute, PPM School of Management, Sampoerna University, Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, Universitas Nusa Mandiri, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA), dan Universitas Paramadina.

Pendaftaran beasiswa QSA 2021 yang mengusung tema #KuliahUntukSemua ini telah dibuka sejak 4 Januari 2021 dan berakhir pada 12 Februari 2021. Program beasiswa itu merupakan gelaran yang kedua kalinya dan memberikan kesempatan yang lebih luas dibandingkan dengan program di tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan bahwa terdapat sekitar dua hingga tiga juta lulusan SMA dan SMK tiap tahun dari seluruh Indonesia, namun yang diserap oleh perguruan tinggi hanya sekitar 38 persen.

Padahal, Indonesia diprediksi mampu menjadi negara maju berperingkat kelima di tahun 2030 apabila memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan tentunya ditunjang melalui pendidikan yang mumpuni.

Baca juga: Kemendikbud harap Kewirausahaan Mahasiawa Indonesia lahirkan wirausaha

Pemerintah berharap hal itu yang memang harus diakselerasi dengan pemberian beasiswa kuliah untuk memberi akses belajar ke perguruan tinggi manapun bagi seluruh siswa di Indonesia.

Strategy and Planning Manager Quipper Indonesia, Ivonny Sualdani, menjelaskan karena besarnya antusias para siswa dari seluruh Indonesia dari tahun sebelumnya yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi melalui jalur beasiswa, maka Quipper bersama universitas-universitas swasta terbaik memberikan total beasiswa yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Karena antusias para siswa sangat tinggi terhadap program Quipper Scholarship Awards 2020, maka tahun ini kami bekerja sama dengan lebih banyak perguruan tinggi untuk memberikan jumlah beasiswa yang lebih besar untuk siswa. Pada Quipper Scholarship Award 2021 ini, setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, akhirnya sebanyak 993 siswa berhasil mendapatkan beasiswa dengan total hingga Rp40 Miliar dari 13 universitas swasta terbaik di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan persentase jumlah siswa yang terserap di perguruan tinggi Indonesia,” kata Ivonny.

Seorang penerima beasiswa QSA 2021 dari SMAN 1 Sungailiat, Ferio Ibi, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak penyelenggara dan berharap supaya ke depannya program ini dapat terus terlaksana.

“Saya sangat berterima kasih karena melalui program QSA 2021 saya memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat membanggakan kedua orang tua saya. Semoga ke depannya semakin banyak siswa yang memiliki kesempatan seperti yang saya dapatkan tahun ini,” kata Ferio.

Baca juga: Kemendikbud dan LPDP perluas ruang lingkup beasiswa
Baca juga: Kolaborasi Kemendikbud-LPDP perkuat capai SDM unggul


Pewarta : Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar