Kemarin, peringatan Hari Kartini sampai peran perempuan dalam politik

id berita politik kemarin,berita politik ANTARA,rangkuman berita politik ANTARA,keterwakilan perempuan dalam politik

Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/HO-PDIP)

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (21/4), mulai dari berbagai perayaan Hari Kartini yang digelar oleh beberapa partai politik sampai refleksi sejumlah politisi dan pengamat mengenai keterwakilan perempuan dalam politik.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Ketua DPR ajak generasi muda teladani Kartini

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak generasi muda Indonesia untuk meneladani kisah perjuangan Raden Ajeng Kartini dan membangun cerita hidup masa kini.

“Kisah Kartini dan para pahlawan pada masa lalu telah menginspirasi orang Indonesia yang hidup pada masa kini. Maka, generasi sekarang sebaiknya membuat kisah hidup yang menginspirasi generasi masa depan Indonesia," kata Puan dalam talk show memperingati Hari Kartini dengan tema "Perspektif Generasi Milenial tentang Kartini" secara daring di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Wasekjen Golkar: Keterwakilan perempuan di legislatif harus ditambah

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Sekarwati menyampaikan keterwakilan perempuan di lembaga-lembaga legislatif perlu terus ditambah agar banyak produk undang-undang dan kebijakan yang berpihak pada kepentingan kaum hawa.

Menurut dia, hasil Pemilihan Umum 2019 menunjukkan kurangnya keterwakilan perempuan di badan-badan legislatif, terutama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia karena persentasenya masih di bawah 30 persen dari total jumlah anggota DPR RI.

Selengkapnya baca di sini.

3. DPP Perempuan Bangsa mendorong kaum perempuan ke dunia politik

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan Bangsa, organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mendorong partisipasi kaum perempuan khususnya yang ada di Sulawesi Tenggara untuk terjun berkarya ke dunia politik.

“Suara masyarakat yang dimiliki PKB lebih banyak berasal dari kaum perempuan," Ketua DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah saat berkunjung ke Kota Kendari dalam rangka konsolidasi bersama Perempuan Bangsa cabang se-Sultra yang bertepatan dengan Hari Kartini, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. PDIP di Hari Kartini dorong perempuan percaya diri masuk UMKM digital

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada perayaan Hari Kartini tahun 2021 mendorong perempuan Indonesia percaya diri berperan membangkitkan ekonomi, khususnya masuk ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) digital.

“Sekarang masalahnya kan soal COVID-19. Kemudian imbas ke ekonomi, pekerjaan, kesehatan. Untuk ekonomi banyak yang mengeluh pengangguran dan lain-lain. Pokoknya ibu-ibu, sekarang kesempatannya, mari kita berjuang sesuai dengan passion kita," ujar Anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto, di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Pengamat: Perlu didorong reformasi kelembagaan parpol lebih inklusif

Direktur Eksekutif The Indonesian Institute (TII) Adinda Tenriangke Muchtar menilai perlu didorong terjadinya reformasi kelembagaan partai politik untuk menjadi inklusif, relevan, dan responsif sehingga menjadi sebuah langkah untuk melakukan perbaikan terhadap parpol.

Adinda Tenriangke Muchtar menjelaskan bahwa penelitian oleh lembaganya menyebutkan bahwa parpol merupakan institusi yang memiliki peran penting dalam sebuah sistem demokrasi. Namun, saat ini peran tersebut menjadi terhambat karena lemahnya pelembagaan internal partai.

“Lemahnya pelembagaan menjadikan partai politik cenderung menjadi lebih eksklusif sehingga ruang inklusi belum sepenuhnya terbuka, khususnya bagi keterlibatan perempuan dan kaum muda," kata Adinda dalam diskusi The Indonesian Forum secara daring, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar