Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa pemberitaan yang menarik perhatian pada Rabu (21/4) kemarin, seperti Kementerian Sosial yang menonaktifkan sekitar 21 juta data ganda penerima bantuan sosial untuk memastikan bantuan dapat disalurkan tepat sasaran.

Selain itu terdapat pula berita terkait program vaksinasi COVID-19 khususnya tentang usaha pemenuhan stok vaksin, gempa dangkal yang mengguncang di Kabupaten Samosir sejak awal 2021, serta penjelasan soal hoaks tentang foto Kartini yang berjilbab.

Berikut beberapa berita humaniora kemarin yang masih relevan dibaca pada hari ini:

Kemensos nonaktifkan 21 juta data ganda penerima Bansos

Dengan melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kementerian Sosial telah menonaktifkan sekitar 21 juta data ganda penerima bantuan sosial untuk memastikan bantuan akan tepat sasaran. Mensos Tri Rismaharini juga mendorong agar pemerintah daerah melakukan pembaruan data terkait DTKS dan melaporkannya ke Kemensos secara berkala.

Baca juga: Kemensos nonaktifkan 21 juta data ganda penerima Bansos

Baca juga: Mensos minta Pemda evaluasi DTKS untuk ganti dengan penerima baru


Samosir diguncang 63 gempa dangkal sejak Januari 2021

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 63 kali gempa berkedalaman sangat dangkal di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dalam rentang 21 Januari-21 April 2021.

Baca juga: Samosir diguncang 63 gempa dangkal sejak Januari 2021

Bio Farma diminta tambah kapasitas produksi untuk stok vaksin Mei

Kementerian Kesehatan meminta PT Bio Farma untuk meningkatkan kapasitas produksi dalam rangka memenuhi persediaan vaksin COVID-19 pada Mei 2021. Hal itu dilakukan untuk memastikan akselerasi vaksinasi kepada masyarakat.

Baca juga: Bio Farma diminta tambah kapasitas produksi untuk stok vaksin Mei

Cek Fakta: Benarkah Kartini berjilbab?

Tim JACX ANTARA memberikan penjelasan terkait hoaks tentang foto yang beredar di media sosial dan diklaim sebagai sosok R.A. Kartini yang menggunakan jilbab dan berkacamata.

Baca juga: Cek Fakta: Benarkah Kartini berjilbab?

Baca juga: Dirut Peruri raih penghargaan Most Inspiring Woman Leader

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021