Tahun kemarin, kami alokasikan hampir Rp3,8 triliun namun realisasinya tidak sampai sebesar itu. Kalau tidak salah sekitar Rp2,3 triliun.
Cilacap (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto menyiapkan uang kartal senilai Rp2,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat wilayah eks Keresidenan Banyumas (Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara, red.) selama Ramadhan hingga Lebaran 2021.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan perbankan di wilayah kerja kami. Kami kumpulkan, kami lihat proyeksi kebutuhan mereka selama Lebaran, lalu kami agregat menjadi suatu perencanaan secara keseluruhan di eks Keresidenan Banyumas, selama Ramadhan dan Lebaran kami siapkan Rp2,5 triliun," kata Kepala KPw BI Purwokerto Samsun Hadi di Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat.

Ia mengatakan hal itu kepada wartawan usai menghadiri acara panen bersama dalam rangka kerja sama antardaerah, yakni antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya dan Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur, Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos.

Baca juga: Selama Ramadhan-Idul Fitri, BI siapkan uang kartal Rp152 triliun

Dia mengakui jika dibandingkan dengan momentum Lebaran 2020, jumlah uang kartal yang disiapkan KPw BI Purwokerto untuk Ramadhan hingga Lebaran 2021 mengalami penurunan.

"Tahun kemarin, kami alokasikan hampir Rp3,8 triliun namun realisasinya tidak sampai sebesar itu. Kalau tidak salah sekitar Rp2,3 triliun," katanya.

Samsun menduga hal itu terjadi karena dampak pandemi COVID-19 yang sudah dirasakan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran 2020.

"Pandemi itu membuat prediksi kami kadang-kadang tidak sesuai dengan kondisi dinamika yang terjadi di lapangan," katanya.

Baca juga: BI: Implementasi QRIS di eks Keresidenan Banyumas meningkat

Ia mengharapkan alokasi yang lebih riil Rp2,5 triliun itu mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap uang selama Ramadhan hingga Lebaran 2021.

Dia mengatakan pihaknya melayani penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan secara langsung oleh masyarakat di KPw BI Purwokerto setiap hari Kamis.

"Kami juga sudah mulai membuka (layanan) kas keliling tetapi tidak ke masyarakat secara langsung, melainkan kami menyuplai uang pecahan kecil ke perbankan-perbankan di berbagai daerah," katannya.

Menurut dia, layanan kas keliling terbatas ke perbankan di sejumlah wilayah itu akan dilakukan KPw BI Purwokerto hingga menjelang Lebaran 2021. 




 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021