Medan (ANTARA) - Puluhan jurnalis dari berbagai media cetak, daring dan televisi kembali melakukan aksi bersama menolak sikap arogansi yang diduga dilakukan oleh tim pengamanan Wali Kota Medan Bobby Nasution, di depan Kantor Wali Kota Medan, Jumat.
 
Dalam unjuk rasa tersebut, mereka meminta agar Wali Kota Medan meminta maaf secara resmi terkait tindakan arogansi dan pengusiran terhadap jurnalis yang dilakukan tim pengamanan.
 
"Kami minta Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta maaf secara resmi terkait tindak arogansi petugas keamanan di balai kota dan sempat mengusir rekan-rekan kita," kata Orator Aksi Array A Argus.
 
Aksi unjuk rasa berlangsung secara damai tersebut merupakan buntut dari pengusiran dua jurnalis yang hendak melakukan wawancara secara doorstop Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Joko Widodo, di Kantor Wali Kota Medan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jurnalis Medan menolak arogansi tim pengamanan Wali Kota

Baca juga: Kerja sama UISU-RSUD Pirngadi diapresiasi Wali Kota Medan
 
Dua orang jurnalis itu, ketika sedang menunggu kehadiran Wali Kota Medan mendapat larangan dari tim pengamanan, baik oknum Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja, oknum polisi, dan anggota Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).
 
Ia mengatakan bahwa tindakan menghalang-halangi kinerja wartawan merupakan bentuk pengkhianatan terhadap undang-undang, karena jurnalis bekerja dilindungi oleh Undang-Undang Pers No.40 Tahun 1999.
 
Untuk itu, mereka meminta agar Wali Kota Medan memberikan pemahaman kepada petugas keamanan bahwasanya jurnalis bekerja dilindungi oleh undang-undang.
 
"Kita juga minta Wali Kota Medan memecat dan membuang orang-orang yang memprovokasi, orang yang mengaku berada di lingkaran Wali Kota Medan," katanya.
 
Sebelumnya, puluhan jurnalis telah melakukan aksi bersama menolak sikap arogansi yang diduga dilakukan oleh tim pengamanan Wali Kota Medan Bobby Nasution di depan Kantor Wali Kota Medan, Kamis.
 
Namun, aksi unjuk rasa tersebut tidak ditanggapi oleh Wali Kota Medan ataupun Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman.*

Baca juga: Festival Jalur Rempah jadi momen kenalkan Medan "The Kitchen of Asia"

Baca juga: Pemkot Medan sediakan lantatur vaksinasi COVID-19 untuk 60.000 lansia

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021