Sulteng kini juga punya GBK berkapasitas 4.000 orang

id koni,gbk,guibernur

Gubernur Sulawesi Tengah, H Longki SDjanggola meresmikan gedung sport center Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu. Foto Antara/Anas Masa. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Sulawesi Tengah kini memiliki sport center berkapasitas 4.000 orang yang diberi nama Gelora Bumi Kaktus (GBK) yang diresmikan Gubernur Longki Djanggola di Palu, Selasa.

"Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan training center (TC) GBK yang merupakan kebanggaan masyarakat Provinsi Sulteng," kata Longki.

Longki mengatakan gedung TC-GBK ini adalah salah satu dari tiga fasilitas olahraga yang diusulkan KONI Sulteng kepada Pemprov Sulteng agar dibangun dan kini sudah terealisasi setelah menggunakan sumber dana dari APBD Sulteng.

Dia tidak merinci anggaran pembangunan, namun menyatakan fasilitas olahraga berkapasitas besar ini dapat dimanfaatkan bagi kegiatan-kegiatan olahraga, termasuk turnamen nasional dan internasional.

Kualitasnya, kata Longki, berstandar internasional sehingga bisa menjadi tempat pelaksanaan berbagai kejuaraan regional, nasional dan internasional.

Longki mengatakan, fasilitas olahraga ini bisa diserahkan kepada pihak ketiga agar memberikan pemasukan finansial bagi pemerintah daerah dan KONI daerah yang menjadi induk organisasi olahraga nasional di daerah ini.

Dia berharap pembinaan dan peningkatan prestasi atlet semakin baik dengan adanya TC GBK.

Di Kantor Sekretariat KONI, Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele MSi menyampaikan terima kasih kepada gubernur Sulteng yang telah mengalokasikan anggaran untuk membangun fasilitas olahraga ini.

"Saya selaku ketua KONI Sulteng tentu berterima kasih kepada Pemprov Sulteng dalam hal ini bapak gubernur Sulteng karena sudah merealisasi pembangunan TC GBK dan sudah diresmikan hari ini," kata Anwar.

Anwar yakin Sulteng sudah bisa menyelenggarakan turnamen nasional dan internasional untuk beberapa cabang olahraga karena GBK ini telah ditunjang dengan fasilitas olahraga memadai dan representatif seperti karate, bulu tangkis, sepak takraw. Tetapi sepakbola tidak mungkin dilaksanakan di gedung ini.

Sulteng sedang mempersiapkan diri menghadapi PON Papua pada Oktober 2021.

"Kegiatan nasional ini sudah di depan mata. Ini menjadi agenda penting bagi KONI Sulteng untuk mempersiapkan atlet terbaik agar bisa meraih prestasi cemerlang," kata Anwar

Sulteng mengikutkan para atlet dari 18 cabang pada PON Papua nanti.

(T.BK03/)
Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele (kedua kanan) di sela-sela peresmian gedung sport center Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu. Foto Antara/Anas Masa. (Antara/Anas Masa)

Pewarta : Anas Masa
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar