Kemarin, target Tol Cisumdawu hingga jaminan ketersediaan pangan

id Tol cisumdawu, basuki hadimuljono, transformasi digital, sri mulyani, jaminan pasokan pangan, ramadhan, pangan ramadhan, jaminan kredit modal kerja, k

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. ANTARA/HO-Kementerian PUPR/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (5/4) mulai dari target rampungnya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) hingga jaminan stok 11 pangan nasional yang aman dan terkendali menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menteri PUPR targetkan konstruksi Tol Cisumdawu tuntas akhir tahun ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) tuntas seluruhnya pada akhir tahun ini.

Menteri Basuki meminta seluruh pihak terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan, sehingga penyelesaian Tol Cisumdawu sesuai target akhir 2021.

Selengkapnya di sini

2. Presiden ingin ada "lompatan" agar porsi kredit UMKM tembus 30 persen

Presiden RI Joko Widodo menantang jajarannya agar dapat meningkatkan porsi kredit Usaha MIkro, Kecil dan Menengah (UMKM) melebihi 30 persen dari total kredit perbankan nasional pada 2024, dibanding saat ini yang masih sebesar 20 persen.

“Bapak Presiden meminta bahwa diberikan tantangan yang lebih besar agar ada peningkatan secara lompatan, sehingga Bapak Presiden memberikan arahan bahwa kredit UMKM ini ditargetkan di tahun 2024 adalah lebih dari 30 persen,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selengkapnya di sini

3. Pemerintah perluas penerima fasilitas penjaminan kredit modal kerja

Pemerintah memperluas penerima fasilitas penjaminan kredit modal kerja dengan merevisi beberapa ketentuan tata kelola dalam PMK 98/2020 berupa pelonggaran kriteria pelaku usaha korporasi sehingga bersifat lebih akomodatif dan fleksibel.

“Beberapa perubahan juga dilakukan agar kriteria penjaminan pemerintah lebih menyesuaikan dengan risiko yang dihadapi oleh penjamin, perbankan, dan pelaku usaha korporasi,” demikian kutipan keterangan resmi dari Kemenkeu yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

4. Mentan pastikan ketersediaan 11 pangan nasional jelang puasa

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok 11 pangan nasional dalam kondisi aman dan terkendali menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah dengan selalu mengecek ketersediaan secara berkala.

"Dari 11 komoditi dasar yang ada, Bapak Presiden minta betul-betul harus di cek dan dikontrol. Tidak hanya data, tetapi kita harap ketersediaan pangan itu betul-betul ada real di lapangan, dari prognosa atau perkiraaan yang ada, Insya Allah bisa kita kendalikan, mudah-mudahan terus diamankan dengan standar-standar yang ada,” kata Syahrul.

Selengkapnya di sini

5. Sri Mulyani paparkan empat tujuan akselerasi transformasi digital

Menteri Sri Mulyani Indrawati memaparkan empat tujuan akselerasi transformasi digital melalui percepatan pembangunan dan pengembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) di Indonesia.

“Kita tahu tantangan Indonesia semakin meningkat dengan adanya pandemi dan era digitalisasi bahkan pandemi mempercepat disrupsi revolusi industri 4.0,” katanya dalam pembukaan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) serta Peluncuran Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini
 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar