empat tempat ibadah yang menjadi skala prioritas, yakni Gereja Katedral, Gereja Immanuel, Gereja HKBP Grogol, dan Gereja Katolik Petamburan
Jakarta (ANTARA) - Pihak Polda Metro Jaya mengamankan empat gereja sesuai skala prioritas dalam rangkaian pelaksanaan ibadah Paskah bagi umat Kristiani di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Ada empat skala prioritas pengamanan tempat ibadah hampir 155 personel gabungan kegiatan yang dikedepankan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus di Jakarta, Sabtu malam.

Baca juga: Kapolri pantau pengamanan misa Paskah di Gereja Katedral Jakarta

Yusri menyebutkan empat tempat ibadah yang menjadi skala prioritas, yakni Gereja Katedral, Gereja Immanuel, Gereja HKBP Grogol, dan Gereja Katolik Petamburan.

Diungkapkan Yusri, jumlah petugas yang menjaga rangkaian ibadah Paskah mencapai 5.590 personel gabungan dari Polri, TNI, dan Pemprov DKI Jakarta tersebar di 913 gereja.

Baca juga: Polres Jaksel kerahkan 760 personel amankan rangkaian Paskah

Yusri menyatakan petugas gabungan akan berkoordinasi dengan keamanan internal gereja untuk mengamankan kegiatan ibadah termasuk patroli di luar gereja.

Kabid Humas Polda Metro Jaya mengungkapkan petugas gabungan akan kembali turun mengecek dan mengamankan rangkaian ibadah umat Kristiani pada Minggu (4/4).

Selain mengamankan peribadatan Paskah, Yusri menuturkan petugas juga memastikan umat yang ikut ibadah menjalankan protokol kesehatan  untuk mencegah penularan COVID-19.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan secara umum tidak ada gangguan keamanan saat rangkaian ibadah Paskah umat Kristiani dari Kamis Putih hingga Sabtu malam.

"Tidak ada aktivitas dari kegiatan gereja yang terganggu oleh peristiwa yang terjadi di Makassar," kata Jenderal Listyo Sigit ketika meninjau keamanan di Gereja Santa Perawan Maria Ratu di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu malam.

Baca juga: Paroki Katedral: Paskah jadi momentum wujudkan kasih kepada sesama

Meski demikian, ia tetap meminta personel untuk terus melaksanakan pengamanan optimal bekerja sama dengan TNI dan instansi lain termasuk keamanan internal gereja.

Jenderal polisi bintang empat ini juga memastikan pengamanan optimal juga berlanjut hingga Hari Raya Paskah pada Minggu (4/4) dan ibadah rutin.

Dalam kunjungan itu, Kapolri juga menemui dan berdialog dengan beberapa jemaat dan pengurus gereja.

"Silahkan melaksanakan kegiatan perayaan, ibadah dengan lancar dan kami dari TNI Polri siap untuk melaksanakan seluruh rangkaian pengamanan dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Kapolri juga sempat meninjau keamanan di Gereja Santa Perawan Maria Ratu di Jalan Suryo dan Gereja Santo Yohanes Penginjil di Jalan Melawai, Kebayoran Baru.

Pewarta: Taufik Ridwan dan Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021