Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) telah melaksanakan pengapalan kaki anjungan lepas pantai dan bersiap untuk memulai pembangunan anjungan dalam proyek Jumelai, Lapangan Sisi Nubi, dan South Mahakam (JSN) di Kalimantan Timur.

General Manager Pertamina Hulu Mahakam Agus Amperianto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan proyek pembangunan tiga anjungan lepas pantai itu memiliki nilai investasi 105 juta dolar AS yang ditargetkan bisa mendukung 20 persen produksi minyak dan gas bumi pada 2024 mendatang.

"Saat produksi puncak, kontribusi dari ketiga anjungan ini diharapkan akan mencapai 120 MMscfd," kata Agus Amperianto.

Pada 30 Maret lalu, Pertamina Hulu Makaham telah melaksanakan pengapalan kaki anjungan JML1 dari galangan pembuatannya di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, menuju lokasi penempatannya di Selat Malaka, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selanjutnya, kaki anjungan akan dipasang pada proyek JSN yang berlokasi di lepas pantai untuk mengeksploitasi minyak dan gas bumi.

Kaki anjungan JML1 memiliki berat 565 ton, sedangkan keseluruhan berat untuk ketiga kaki anjungan nantinya dapat mencapai 2.000 ton. Apabila digabungkan dengan pile dan conductor pipe dari ketiga anjungan, maka berat total bisa mencapai 5.000 ton.

Pertengahan April 2021, kedua kaki anjungan lepas pantai lainnya juga akan menyusul dikirim ke lokasi kilang. Setelah itu, perseroan akan melakukan pemasangan instalasi pipeline menuju fasilitas terpasang sepanjang 16 kilometer.

Kepala Divisi Manajemen Proyek dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas Luky Yusgiantoro menyambut baik pelaksanaan pengapalan kaki anjungan tahap pertama sebagai salah satu milestone utama proyek JSN.

"Kegiatan ini merupakan upaya mendukung pencapaian target produksi minyak 1 juta barel dan gas 12 miliar kaki kubik per hari pada 2030," kata Luky Yusgiantoro.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa SKK Migas juga akan mendorong agar milestone pengapalan dua anjungan lepas pantai lainnya bisa tercapai sesuai target, termasuk milestone terkait instalasi topside platform, hook-up, dan pencapaian target Ready for Drilling (RFD) untuk ketiga anjungan yang diharapkan rampung pada kuartal keempat tahun ini.

Baca juga: Bor hingga 79 sumur, PT PHM lampaui target produksi
Baca juga: Lakukan inovasi saat pandemi, PHM catat kinerja positif sepanjang 2020
Baca juga: Tantangan migas kian berat, GM PHM: Kami harus optimistis

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021