Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 16 pesepakbola belia, empat diantaranya merupakan binaan sekolah sepak bola PT Perkebunan Nusantara V (SSB PTPN V), berpeluang menjadi anggota skuad Timnas Garuda Muda U-16 dan tengah berjuang mengikuti seleksi.

Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko K Santosa dalam keterangannya, Kamis, mengatakan para pesepakbola muda tersebut tengah berjuang mengikuti proses seleksi di tahap zona Riau. Setelah itu, berlanjut ke tahap seleksi berikutnya, yakni di zona regional. 

Jatmiko menyebutkan empat pesepakbola binaan SSB PTPN V itu, antara lain M Alif Daniel, Farel, Harfizan dan Haziq.

Alif dan kawan-kawan saat ini terus meningkatkan porsi latihan dan ditangani oleh pelatih khusus sebelum berkompetisi di level selanjutnya.

Baca juga: PSSI Padang gelar seleksi pemain proyeksi Timnas U-16 dan U-19 
Baca juga: Bima Sakti terima keputusan AFC batalkan Piala Asia U-16 


Seleksi Timnas U-16 yang digelar di Bumi Lancang Kuning itu telah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir. Seleksi diawali dari tingkat kabupaten dan kota di seluruh Riau. Seleksi tersebut turut diikuti ratusan pesepakbola muda lainnya. Namun, hanya pemain-pemain terbaik mendapatkan kesempatan untuk kemudian mengikuti seleksi di tingkat provinsi. 

Di tingkat provinsi, mereka kembali diseleksi secara ketat. Pada tahap itu, terdapat sekitar 100 peserta yang terpilih untuk unjuk bakat dan kemampuan hingga akhirnya tersaring 16 pemain terbaik, dengan empat di antaranya merupakan pemain binaan SSB PTPN V.

Salah satu penjaga gawang belia, Alif, mengaku bangga karena dinyatakan lolos untuk seleksi selanjutnya. 

Bagi Alif, kesempatan mengikuti seleksi tersebut merupakan hadiah tersendiri untuk mengobati kesedihan keluarga setelah ditinggal pergi oleh sang ayah untuk selamanya. Ia pun mengaku ingin membuat bangga ibunya, yang kini menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan gorengan. 

"Saya akan buktikan kepada ayah yang telah tiada bahwa saya bisa berprestasi di olahraga sepak bola. Saya juga ingin membanggakan ibu dengan menjadi pesepakbola profesional," kata remaja 15 tahun yang mengidolakan penjaga gawang Barcelona Andre Ter Stegen tersebut. 

Baca juga: AFC resmi batalkan Piala Asia U-16 dan U-19 2021 
Baca juga: PSSI siapkan timnas U-16 dan U-19 selama Piala Asia belum dibatalkan 

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021