Humaniora sepekan, fatwa MUI hingga Doni Monardo positif COVID-19

id Humaniora sepekan,Fatwa vaksin,SMK Pusat Keunggulan

Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam saat menyampaikan rekomendasi penggunaan vaksin AstraZeneca. (ANTARA/Tangkapan Layar Youtube Kominfo)

Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa humaniora terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air, mulai dari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap vaksinasi hingga kisah Doni Monardo terkonfirmasi positif COVID-19.
 

1. MUI keluarkan fatwa vaksinasi tak membatalkan puasa

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tak membatalkan puasa, setelah diputuskan melalui rapat pleno membahas pelaksanaan vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan, Selasa (16/3).

"Pemerintah dapat melakukan vaksinasi COVID-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah COVID-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa. Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa," ujar Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh.
 

2. 4.166.862 warga Indonesia sudah dapat suntikan vaksin COVID-19

Sebanyak 4.166.862 warga Indonesia telah mendapat suntikan pertama vaksin COVID-19 menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Senin, 15 Maret 2021.

Menurut data Satuan Tugas, jumlah warga yang sudah mendapat suntikan pertama vaksin COVID-19 bertambah 146.738 orang dari hari sebelumnya.
 

3. Mendikbud luncurkan Merdeka Belajar SMK Pusat Keunggulan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode delapan yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan.

“Ini merupakan realisasi dari visi Pak Presiden mengenai sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia melalui pendidikan vokasi yang berkualitas dan untuk meningkatkan berbagai macam objek SDM kita di negeri ini,” ujar Mendikbud dalam peluncuran Merdeka Belajar episode delapan SMK Pusat Keunggulan yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (17/3).
 

4. Menteri PPPA: Perkawinan anak bentuk pelanggaran HAM terhadap anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan bahwa perkawinan anak adalah salah satu bentuk pelanggaran hak asasi manusia terhadap anak.

"Perkawinan anak adalah salah satu bentuk tindak kekerasan terhadap anak karena hak anak adalah bagian dari HAM, maka perkawinan anak juga bentuk pelanggaran HAM," kata Bintang Puspayoga dalam Seminar Nasional dan Deklarasi Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia di Kantor MUI, Jakarta, Kamis (18/3).
 

5. Kisah balik layar ketika Doni Monardo "dipaksa" dirawat di RS

Tidak ada yang bisa memperkirakan kapan akan terinfeksi COVID-19, bahkan untuk Doni Monardo sang ketua Satgas Penanganan COVID-19 Indonesia yang sempat menolak untuk menjalani perawatan di rumah sakit ketika terkonfirmasi positif.

Kisah tentang saat Doni mengalami COVID-19 itu, yang dia umumkan 23 Januari 2021, dituturkan oleh tenaga ahli dan staf khususnya Egy Massadiah dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Sabtu (20/3).

Baca juga: Ratusan personel TNI Kodim 1709/Yawa disuntik vaksin COVID-19

Baca juga: BPOM beri lampu hijau penggunaan vaksin AstraZeneca


 


Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar