Jakarta (ANTARA) - Persatuan Liong Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) selama masa pandemi Covid-19 tidak mengendurkan kegiatan cabang olahraga tersebut dengan tetap menggelar sejumlah turnamen secara virtual.

PLBSI dalam siaran pers Jumat menyebutkan sejak memasuki masa pandemi awal tahun 2000 hingga saat ini PLBSI telah menggelar tidak kurang dari tujuh turnamen olahraga barongsai secara virtual, baik tingkat nasional maupun internasional.

Turnamen terkini yang digelar olahraga yang berasal dari Tiongkok itu adalah turnamen PLBSI Open 2021 yang berakhir pada Jumat.

Sebanyak 250 atlet dari 13 kabupaten/kota di tujuh provinsi di Indonesia mengikuti turnamen ini.

Baca juga: Indonesia peringkat tiga turnamen Barongsai ASIANIA 2020

Ketua Umum PLBSI Nurdin Purnomo mengapresiasi semangat para peserta dalam mengikuti turnamen tersebut dan para pegiat olahraga liong barongsai selama masa pandemi itu.

Dengan turnamen digelar secara virtual, peserta juga dituntut untuk lebih kreatif, termasuk kemampuan menguasai teknik cinematik dalam pengambilan gambar yang bagus untuk penayangan video.

Sementara itu ketua umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman mengucapkan selamat kepada PLBSI yang giat mengelar turnamen secara virtual di masa pandemi ini.

Mantan Menpora itu juga mengapresiasi PLBSI yang aktif menimba ilmu untuk pengembangan olahraga ini hingga ke negeri China dan bekerja sama dengan beberapa universitas olahraga di Beijing, Shanghai dan kota-kota lainnya di negara itu.

Baca juga: Tim Barongsai Indonesia raih peringkat lima di Thailand
Baca juga: Ganjar main barongsai saat perayaan Imlek

 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021