Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau mencatat sebanyak 4.440 petugas publik telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19, dalam program vaksinasi nasional.

"Sudah 61 persen dari jumlah sasaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Kamis.

Baca juga: 10.418 tenaga kesehatan Kabupaten Bekasi telah divaksin COVID-19

Petugas publik yang menerima vaksin di antaranya anggota TNI, Polri, aparatur sipil negara, dan jurnalis.

Dinas kesehatan bersama tim dari Puskesmas masih akan terus melakukan vaksin untuk petugas publik sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Baca juga: Vaksinasi tahap pertama di Jatim tuntas untuk 10 kabupaten/kota

Selain petugas publik, sebanyak 16 orang lanjut usia juga sudah menerima vaksin pada tahap kedua ini.

Sedangkan dosis kedua untuk petugas publik dan lansia itu akan mulai diberikan 24 Maret 2021, tepat dua pekan setelah pemberian dosis pertama.

Baca juga: 9.343 tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi telah divaksin COVID-19

Sementara itu, pada pemberian imunisasi tahap pertama, sebanyak 7.209 orang tenaga kesehatan sudah menerima dosis pertama atau sebanyak 91,4 persen dari sasaran.

Namun hanya 6.011 orang di antaranya yang lanjut untuk pemberian dosis kedua atau 83,3 persen.

Menurut Didi, tenaga kesehatan yang tidak melanjutkan dosis kedua, di antaranya karena mengalami kejadian ikutan paskaimunisasi.

Sebelumnya, 1.082 orang ASN di lingkungan Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Didi mengatakan vaksinasi untuk ASN pada kali ini baru untuk eselon II hingga IV. Sedangkan imunisasi kepada staf baru akan dilaksanakan pada termin berikutnya.

Vaksinasi dilaksanakan di tujuh rumah sakit yang tersebar di pulau utama, yaitu sebanyak 326 orang di RSUD Embung Fatimah, 133 orang di RSAB, 129 orang di RSBP Batam, 198 orang di RS Budi Kemuliaan, 97 orang di RS Bunda Halimah, 97 orang di RS Elisabeth Batam Kota, dan 102 orang di RS Keluarga Husada sebanyak 102 orang.

Didi menyatakan, imunisasi untuk pedagang di pasar akan diberikan pada termin berikutnya, tahap kedua program vaksinasi nasional.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021