Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bertakziah dan datang melayat ke tempat mendiang Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar disemayamkan di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Senin.

Mantan Hakim Agung yang dikenal sangat berintegritas, jujur, dan tak ragu dalam penegakan hukum tersebut berpulang pada usia 72 tahun, Minggu (28/2) kemarin.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kemarin hari Minggu telah berpulang ke rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa," ujar Presiden di lokasi.

Baca juga: Jenazah Artidjo dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII Yogyakarta

Kepala Negara yang tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, turut menyalatkan jenazah almarhum setibanya di masjid Ulil Albab UII sekira pukul 08.00 WIB.

Presiden memiliki kenangan tersendiri terhadap Artidjo Alkostar semasa hidupnya. Kepribadian dan integritasnya tak perlu diragukan lagi dan menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," tuturnya.

Baca juga: Kemarin, Artidjo wafat hingga Nurdin Abdullah bantah terima suap

Usai menyampaikan belasungkawa, Presiden Joko Widodo berdoa untuk almarhum agar diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Tak lama setelah itu, Presiden berpamitan meninggalkan lokasi.

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan duka cita mendalam," katanya.

Baca juga: Anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar meninggal dunia

Almarhum Artidjo rencananya dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII yang prosesinya sendiri dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Sahroni: Artidjo punya prinsip kuat berantas korupsi

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021