Sowan Ketua MUI Sulsel, Kapolri: penting dukungan ulama jaga kamtibmas

id Listyo Sigit Prabowo,Sanusi Baco,Majelis Ulama Indonesia Sulsel

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) berbincang dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Anre Gurutta (AGH) K.H. Sanusi Baco di kediaman Anre Gurutta di Makassar, Sulsel. ANTARA/HO-Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersilaturahmi dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Anre Gurutta (AG) K.H. Sanusi Baco di kediamannya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Melalui siaran pers Humas Polri, Sabtu, disebutkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan Polri, ulama serta ormas-ormas besar Islam.

Dalam pertemuannya, Kapolri meminta dukungan para ulama agar turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas melalui dakwah dan ceramah kepada masyarakat.

"Dukungan para ulama sangat penting untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan damai," kata Sigit.

Baca juga: Kapolri beri penghargaan kepada dua anggota Polda Sulsel

Baca juga: Melihat gaya Jenderal Polisi Listyo Sigit rangkul ormas Islam


Sementara Anre Gurutta menyambut baik harapan Kapolri. Hal ini, kata dia, akan menjadi catatan tersendiri untuk senantiasa menyampaikan dakwah yang sejuk kepada masyarakat agar tercipta situasi kamtibmas aman dan damai.

Silaturahmi ini dilakukan pasca kunjungan kerja Kapolri ke Polda Sulsel dan peresmian pembangunan 50 rumah hunian tetap untuk aparat kepolisian beserta keluarganya yang menjadi korban gempa bumi di Sulawesi Barat.

Sebelumnya, di Jakarta, Kapolri telah melakukan kunjungan silaturahmi dengan para pimpinan organisasi-organisasi masyarakat Islam terkemuka, seperti Ketum PBNU K.H. Said Aqil Siradj, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen Umar Smith dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Miftachul Akhyar.

Kepada para tokoh organisasi-organisasi Islam terkemuka tersebut, Sigit menyampaikan bahwa Polri tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga stabilitas keamanan, ketertiban masyarakat, melainkan membutuhkan sinergi dan kerja sama dengan para ulama dan habib sehingga diharapkan para tokoh Islam tersebut dapat membantu Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas NKRI.

Baca juga: Pendekatan keumatan dan keindonesiaan ala Listyo Sigit Prabowo

Baca juga: Sambangi Rabithah Alawiyah, Habib Aboebakar: Kapolri sangat jeli

 

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar