Forum Rektor Indonesia bantu pemulihan pascabanjir di Kalsel

id Ulm,banjir, banjir kalsel,Universitas Lambung Mangkurat

Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi menyerahkan bantuan FRI Rp100 juta untuk korban terdampak banjir yang diterima Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli di Kecamatan Kurau, Sabtu (13/2/2021) ANTARA/Firman

Pelaihari, Kalsel (ANTARA) - Forum Rektor Indonesia (FRI) terjun langsung membantu pemulihan pascabanjir di Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

Anggota Dewan Pertimbangan FRI Prof Dr H Sutarto Hadi saat menyerahkan bantuan di Kecamatan Kurau, Sabtu mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan Rp100 juta hasil donasi dari anggota FRI.

"Kegiatan ini diinisiasi Wakil Ketua FRI HM Nasrullah Yusuf yang menggerakkan kawan-kawan rektor untuk terjun membantu dalam aksi kemanusiaan FRI Peduli," kata Sutarto.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari uang tunai Rp70 juta dan Rp30 juta dalam bentuk barang yaitu sebanyak 200 paket berisi sarung, alat tulis, beras 5 kg, minyak goreng 1 liter dan gula 1 kg yang nilainya Rp150 ribu per paket.

Dalam kunjungannya ke lokasi terdampak banjir besar tersebut, Sutarto yang juga Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) juga membawa serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ULM dan Program Studi Pendidikan IPS dalam aksi peduli bencana banjir Kalsel.

Sutarto menjelaskan, pihaknya melanjutkan kegiatan kemanusiaan yang sudah dilaksanakan sejak banjir terjadi di Kalsel. Sebelumnya tim ULM juga menyambangi Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Melalui Unit Tanggap Bencana, ULM mengumpulkan donasi untuk korban bencana banjir yang semuanya telah disalurkan.

Mewakili masyarakat Kalimantan Selatan yang terdampak banjir, Sutarto menyampaikan terima kasih kepada para donatur. Selain FRI yang saat ini diketuai Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Arif Satria, civitas akademika dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia termasuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga banyak mengirimkan bantuan yang disalurkan melalui ULM.
Anggota Dewan Pertimbangan FRI Prof Dr H Sutarto Hadi menyerahkan paket bantuan kepada perwakilan warga Kecamatan Kurau, Tanah Laut. (ANTARA/Firman)


Sementara Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli mewakili Bupati Tanah Laut Sukamta menerima secara simbolis bantuan dari FRI untuk pemulihan pascabanjir di Kurau menyampaikan terima kasih atas kepedulian kalangan perguruan tinggi.

"Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat meringankan beban rakyat kami yang tertimpa musibah bencana," katanya.

Diketahui Kecamatan Kurau menjadi salah satu wilayah terparah diterjang banjir di Kabupaten Tanah Laut pada Januari 2021. Bersama Kecamatan Bumi Makmur, daerahnya seakan hilang disapu banjir dengan ketinggian hingga dua meter.

Kini masyarakat mulai bangkit menata kembali aktivitas kesehariannya seiring banjir yang telah berangsur surut. Meski masih ada beberapa desa air terkadang naik hingga setinggi lutut ketika pasang air laut sewaktu-waktu ataupun hujan deras dengan intensitas tinggi.

Pewarta : Firman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar