Tangerang (ANTARA) - PMI Kota Tangerang telah menyalurkan 250 kantong darah plasma konvalesen kepada sejumlah Rumah Sakit yang menangani pasien positif COVID-19 dalam rangka membantu proses penyembuhan.

"Sudah 250 kantong yang kita distribusikan ke rumah sakit terkait pemohonan darah plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien positif COVID-19," kata Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan di Tangerang Selasa.

Ade menjelaskan untuk warga yang telah melakukan donor darah plasma konvalesen hingga tanggal 26 Januari 2021 mencapai 110 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring sosialisasi yang gencar dilakukan PMI Kota Tangerang untuk mengajak warga melakukan donor darah plasma konvalesen.

Sementara itu untuk data pelayanan plasma konvalesen sampai tanggal 26 Januari 2021 di UTD PMI Kota Tangerang tercatat ada 142 antrian atau permintaan dari rumah sakit dengan rincian 44 kantong darah golongan A, 37 kantong golongan B, 41 kantong golongan O dan 20 kantong golongan AB.

Sementara untuk data stok yang ada saat ini di UTD PMI Kota Tangerang adalah 22 kantong dengan rincian 10 kantong golongan A, sembilan kantong golongan B, tiga kantong golongan O. "Kemungkinan hari ini kita sampaikan kepada Rumah Sakit yang mengajukan permintaan stok tersebut," ujarnya.

Baca juga: Penyitas COVID-19 di Lampung antusias donor plasma konvalensen

Baca juga: PMI Pekanbaru layani donor plasma konvalesen


Lalu untuk permintaan yang telah terlayani atau terdistribusikan ke Rumah Sakit adalah 63 kantong golongan A, 56 kantong golongan B, 118 golongan O dan 13 kantong golongan AB.

Perlu diketahui PMI Kota Tangerang sudah memenuhi standar untuk memproduksi plasma darah konvalesen setelah Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangerang mendapatkan sertifikat kelayakan pengolahan darah dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengatakan plasma darah konvalesen menjadi salah satu cara efektif untuk menyembuhkan pasien COVID-19.

Kepala UDD PMI Kota Tangerang dr. David H Sidabutar menambahkan warga yang hendak mendonorkan plasma darahnya dibuka setiap hari. Layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB.

David mengaku PMI Kota Tangerang siap menerima berapapun pendonor plasma darah yang ada. "Kalau untuk pendistribusiannya sendiri, itu akan berlangsung selama 24 jam bila ada yang meminta," kata dia.

Baca juga: Riau kembangkan pengobatan pasien COVID-19 gunakan plasma konvalesen

Baca juga: Lampung ajukan alat terapi plasma konvalesen untuk pasien COVID-19

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021