Jakarta (ANTARA) - Gubernur Banten Wahidin Halim dan sejumlah tokoh agama mendukung Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo.

Sigit dinilai memiliki banyak prestasi serta potensi menjadi pimpinan tertinggi di Korps Bhayangkara. Keyakinan itu berdasarkan pengalaman Sigit saat menjadi Kapolda Banten dan Kabareskrim Polri.

"Kepribadian Pak Sigit baik. Walaupun kami beda keyakinan, namun tidak ada masalah. Dia mampu menyesuaikan diri dan menjembatani komunikasi dan koordinasi antarlembaga. Selama bekerja sama dengan saya sebagai gubernur, sinergi kami cukup baik dan lancar. Beliau sosok yang kalem dan kooperatif, namun tegas serta cepat beradaptasi," ujar Wahidin Halim melalui siaran pers, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Calon Kapolri pilihan Jokowi dinilai bawa kesejukan di Tanah Air
Baca juga: Wakapolri: Saya dukung penuh Komjen Sigit
Baca juga: Kapolri ajak jajaran solid dukung Kabareskrim jadi calon Kapolri


Menurutnya, Sigit sosok yang sangat mudah bergaul dengan siapapun dan suka membantu sesama. Sigit juga dinilai mampu berinteraksi dengan baik dengan tokoh masyarakat, Muspida maupun ulama setempat.

"Dengan ulama, beliau banyak melakukan pendekatan sehingga mendapatkan simpati yang luar biasa," ujar Wahidin.

Wahidin menuturkan suatu ketika Sigit pernah menggagas acara tabligh akbar dan acara tersebut sukses karena berhasil mendatangkan banyak ulama termasuk Habib Luthfi bin Yahya.

"Saya menilai di tingkat lokal Pak Sigit mampu beradaptasi apalagi tingkat nasional. Saya yakin dengan keuletan dan kesabarannya, beliau dapat mengemban tugas yang lebih besar ini sebagai Kapolri," kata Gubernur Banten ini.

Senada, Ketua Yayasan Hidayatul Umam Ikhsan Nur Agam juga ikut mendukung keputusan Presiden Jokowi memilih Listyo Sigit sebagai calon Kapolri.

Menurut Ikhsan, selama menjabat sebagai Kapolda Banten, Sigit dinilai mampu merangkul seluruh pihak dari berbagai golongan sehingga ketika menjadi Kapolri nanti, Sigit dinilai juga mampu melakukan hal yang sama.

"Kami sangat mendukung beliau menjadi Kapolri karena beliau pernah menjadi Kapolda Banten dan mampu menyatukan semua komponen masyarakat," ujar Ikhsan.

Selain itu, Sigit dinilai mempunyai jiwa nasionalisme tinggi, berpengalaman dan berprestasi sehingga diyakini akan membawa perubahan lebih baik untuk internal Polri serta mampu menjaga kamtibmas di Indonesia.

Baca juga: Ketum Perguruan Pencak Silat: Komjen Sigit satukan pendekar se-Banten
Baca juga: Pakar paparkan tantangan Listyo sebagai calon Kapolri
Baca juga: Ulama kharismatik Lebak dukung Komjen Listyo calon Kapolri

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021