FAI juga akan terus membantu pelajar dan mahasiswa Muslim agar mereka bisa membaca Al-Quran
Jakarta (ANTARA) - Forum Akademisi Indonesia (FAI) berkomitmen terus melaksanakan program beasiswa pendidikan demi mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berintegritas.

Sekjen FAI Eni Heni Hermaliani dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu mengatakan saat ini sudah banyak lulusan penerima beasiswa FAI yang mandiri dan tersebar di beberapa daerah, sehingga memotivasi putra-putri daerah untuk mampu bersaing dan terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ia menjelaskan segmentasi penerima beasiswa FAI adalah jenjang pendidikan tingkat SD, SMP, SMU, pesantren kategori ekonomi bawah, yatim piatu, dan dhuafa, sedangkan untuk mahasiswa diwajibkan memiliki IPK minimal 3,0.

"FAI juga akan terus membantu pelajar dan mahasiswa Muslim agar mereka bisa membaca Al-Quran," kata Eni.

Di akhir penutup tahun ini, Sekjen FAI juga menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada penerima beasiswa Ayu Ariani Dewi, kategori Mahasiswa Berprestasi (IPK 3,6) dari salah satu daerah yang ayah dan ibunya sudah tiada.

Ia berharap kegiatan pemberian beasiswa akan dapat terus berjalan dengan bantuan para stakeholder pendidikan, dunia usaha, dan para donatur agar putra-putri Indonesia menjadi cerdas dan berintegritas.

Sementara itu Ketua Umum FAI, Indra Cahya Uno mengatakan FAI ke depan akan tetap mengangkat isu-isu besar serta bersifat strategis, menyangkut kepentingan orang banyak, dan berbasis kajian akademis.

Menurut Indra, FAI merupakan wadah inspiratif yang bertujuan menyinergikan potensi para akademisi seluruh Indonesia di manapun berada serta mewujudkan visi mencerdaskan anak bangsa menuju Indonesia berprestasi.

FAI, lanjut dia, menekankan arti pentingnya pendidikan untuk menyiapkan generasi penerus dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks di tengah masih banyaknya permasalahan-permasalahan besar seperti korupsi, narkoba dan pengangguran.

Baca juga: Baznas Jaksel salurkan beasiswa untuk 755 mahasiswa terdampak COVID-19
Baca juga: LPDP buka dua jenis beasiswa mulai 6 Oktober 2020
Baca juga: 36 perusahaan Surabaya beri CSR beasiswa pendidikan senilai Rp4 miliar

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020