Kami akan kirimkan surat pemberitahuan kepada semua daerah tujuan wisata di Kabupaten Malang terkait (penutupan saat libur akhir tahun) itu.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, memutuskan untuk menutup sementara sejumlah daerah tujuan wisata di wilayah tersebut pada saat libur akhir tahun 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan bahwa penutupan daerah tujuan wisata pada saat libur akhir tahun tersebut dalam upaya meminimalisasi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.

"Kami akan kirimkan surat pemberitahuan kepada semua daerah tujuan wisata di Kabupaten Malang terkait (penutupan saat libur akhir tahun) itu," kata Made saat dikonfirmasi ANTARA, Selasa.

Baca juga: Bandara Bali terapkan protokol kesehatan ketat selama liburan Nataru

Penutupan tersebut, lanjut Made, akan dilakukan mulai 30 Desember 2020, hingga 1 Januari 2021. Para pengelola daerah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Malang, akan diberikan surat pemberitahuan dari Dinas Pariwisata, dan Kebudayaan.

Made mengharapkan para pengelola yang ada di kabupaten terluas kedua di Jawa Timur tersebut, bisa memahami keputusan Pemerintah Kabupaten Malang untuk menutup daerah tujuan wisata, dalam upaya mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 akibat libur akhir tahun.

"Penutupan dilakukan mulai 30 Desember 2020, hingga 1 Januari 2021. Diharapkan para pengelola memahami (rencana penutupan sementara) tersebut," kata Made.

Baca juga: Sandiaga Uno ditunjuk jadi Menparekraf gantikan Wishnutama

Kebijakan untuk menutup daerah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Malang tersebut, merupakan arahan dari Bupati Malang M Sanusi, sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri. Penutupan tersebut, untuk mengantisipasi  keramaian di tengah pandemi COVID-19.

Wilayah Kabupaten Malang yang memiliki luas mencapai 3.535 kilometer persegi dengan memiliki potensi wisata alam. Salah daya tarik pariwisata di wilayah tersebut adalah pesona pantai di sepanjang wilayah selatan Kabupaten Malang.

Beberapa pantai yang menjadi daerah tujuan wisata dan banyak dikunjungi wisatawan termasuk pada saat libur akhir tahun, antara lain adalah, Pantai Batu Bengkung, Pantai Kondang Merak, Pantai Sendang Biru, and Pantai Bajul Mati.

Secara keseluruhan di wilayah Kabupaten Malang tercatat ada sebanyak 1.361 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 1.238 pasien telah dinyatakan sembuh, sementara sebanyak 82 orang meninggal dunia, dan sisanya masih berada dalam perawatan.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020