Jakarta (ANTARA) - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada Selasa menyerahkan perangkat dan produk hasil inovasi terkait penanganan COVID-19 ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangkaian kegiatan Bakti Inovasi.

Kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kementerian antara lain menyerahkan tiga robot sterilisasi ruangan Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR), 3.000 alat tes COVID-19 uji CePAD antigen, tiga ventilator X-VENT XMV 20 Frontlier, lima purifier/respirator PAPR LCC- Respira V.01, satu ventilator transport Covent-20 UI, satu unit teknologi pembersih udara ATTACT, satu ventilator Indonesia (Vent-I), satu mobile lab biosafety level-2, dan dua ventilator robotflow HNFC.
Uji produk Ventilator UI COVENT-20 di BPFK. ANTARA/HO-Humas UI/am.

Selain itu, kementerian memberikan 50 paket produk penguat imunitas yang berisi wedang uwuh, teh jahe, virgin coconut oil (VCO), vitamin OST-D, minyak kayu putih, curcuma pro, permen cajuput, dan teh Dia.

"Kita baru menyaksikan penyerahan dari sebagian hasil inovasi yang mudah-mudahan tentunya bisa menjadi solusi bagi penanganan COVID-19 di wilayah Jawa Barat," kata Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro dalam acara penyerahan produk inovasi COVID-19 yang ditayangkan daring.

Bambang dalam acara itu juga menyerahkan Surat Keputusan tentang Pelaksana Harian Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin CoronaVirus Disease 2019 (COVID-19) kepada tim peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terlibat dalam pengembangan vaksin Merah Putih.

Ada enam lembaga yang terlibat dalam pengembangan vaksin Merah-Putih, yaitu Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Universitas Airlangga, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, ITB, dan Universitas Gadjah Mada.

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Universitas Airlangga, LIPI, dan Universitas Indonesia sudah menerima surat keputusan menteri mengenai Pelaksana Harian Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin COVID-19.

Baca juga:
Kemristek perkenalkan 27 produk dalam Bakti Inovasi
Konsorsium Kemristek hasilkan lebih 61 produk inovasi tangani COVID-19

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020