4.104 mahasiswa Riau berprestasi terima beasiswa

id Mahasiswa riau

Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat dan Mahasiswa (GERAM) Riau berunjukrasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di depan Kantor Gubernur Riau, di Pekanbaru, Riau, Selasa (13/10/2020). ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Provinsi Riau (ANTARA) - Sebanyak 4.104 mahasiswa berprestasi, tahfidz quran, dan Bidikmisi, untuk seluruh perguruan tinggi di Riau dan di luar daerah menerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Beasiswa ini sangat diperlukan masyarakat Riau, banyak anak-anak kita yang perlu pembiayaan dan Allhamdulillah dibantu Pemrov Riau dan ini sudah tepat, bagi saya ada beasiswa bagi yang tidak mampu, ada juga beasiswa bagi yang beprestasi, ini harus dilanjutkan untuk mempercepat sumber daya manusia di Riau," kata Rektor Unilak Dr Junaidi di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: IAIN Palu latih mahasiswa penerima beasiswa KIP berbahasa Inggris

Dia mengatakan, beasiswa yang diserahkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Universitas Lancang Kuning terbanyak menerima beasiswa yakni untuk 752 mahasiswa berprestasi, dan Bidikmisi sebanyak 241 mahasiswa. Selanjutnya Universitas Riau 532 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi sebanyak 215 mahasiswa.

Penyerahan beasiswa diserahkan oleh Gubernur Riau yang diwakilkan oleh Sekdaprov Drs Yan Prana Jaya, disaksikan Kadisdik Riau Zul Ikram, Asisten I Setdaprov Riau. Dan dihadiri oleh seluruh rektor dan wakil rektor, serta perwakilan mahasiswa penerima beasiswa.

Baca juga: Beasiswa untuk 845 mahasiswa Kepulauan Meranti segera cair

"Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Riau, melalui Disdik, memberikan beasiswa bagi anak-anak Riau yang berpretsasi, untuk memberikan semangat di dunia pendidikan yang penuh persaingan. Jadi anak-anak kita punya semangat dan harapan untuk tetap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” kata Yan Prana Jaya.

Bea siswa yang sama juga diserahkan kepada Universitas Islam Negri (UIN) 486 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi 270 mahasiswa, berikutnya Universitas Islam Riau 541 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi 247 mahasiswa, Universitas Muhammadiyah 267 mahasiswa berprestasi, Bidikmisi 240 mahasiswa, dan Politeknik Caltex 230 mahasiswa, dan Bidikmisi 73 mahasiswa.

Baca juga: Sambut HUT ke-35, Indonesia Re berikan beasiswa dan santunan kepada anak yatim

Kegembiraan para penerima beasiswa tampak di wajah mereka dan salah satu diantaranya seorang mahasiswi semester tiga Fakultas Ekonomi Unilak, Cindy tiada henti mengucap syukur.

"Syukur Alhamudlillah ya Allah sudah diberikan beasiswa. Sejak masuk Unilak saya udah memang niat mendapatkan beasiswa, sebelum menerima beasiswa seluruh keperluan kuliah dibiayai oleh kakak saya," ujar Cindy yang memiliki IPK 3,89 itu.
 

Pewarta : Frislidia
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar