Kapolres: Situasi kamtibmas di Mimika terkendali

id Kapolres soal kamtibmas di Mimika

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata. ANTARA/Evarianus Supar

Timika (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP IGG Era Adhinata menegaskan situasi kamtibmas di seluruh wilayah itu, termasuk di area PT Freeport Indonesia yang merupakan objek vital nasional, cukup aman dan terkendali pada Selasa.

"Sampai Senin malam ini, situasinya masih aman terkendali. Meskipun begitu, kami tetap waspada sehingga anggota masih tetap melaksanakan patroli gabungan," kata AKBP Era Adhinata di Timika, Papua, Selasa.

Kapolres Mimika mengakui jajarannya bersama seluruh unsur TNI di Mimika meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi 1 Desember yang diperingati sebagai hari jadi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Apalagi, di Mimika juga terdapat kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dikenal dengan nama 'Kelompok Kali Kopi' yang biasanya sering menebar teror penembakan di area PT Freeport Indonesia.

Baca juga: TNI/Polri di Mimika antisipasi gangguan keamanan oleh KKB
 
Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata dan Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya bersama anggota TNI/Polri mengendarai sepeda motor ikut melakukan patroli keliling Kota Timika, Selasa (1-12-2020). ANTARA/Evarianus Supar

Pada Selasa siang, jajaran TNI dan Polri di wilayah Mimika menggelar patroli gabungan di jalan-jalan utama di Kota Timika.

Kapolres Mimika mengatakan bahwa patroli gabungan itu untuk menunjukkan kesiapsiagaan aparat sekaligus memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat setempat.

"Patroli rutin dan razia-razia senjata tajam, orang mabuk tetap akan kami lakukan sampai akhir tahun nanti untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Timika. Di luar dari Tembagapura, kami akan melakukan patroli rutin di 12 titik yang dianggap rawan kamtibmas," katanya menjelaskan.

Personel yang dilibatkan dalam pengamanan pada tanggal 1 Desember 2020 di wilayah Mimika berkekuatan sekitar 500 orang yang merupakan gabungan TNI dan Polri, termasuk Brimob, yang terbagi atas dua kegiatan utama, yaitu patroli dan razia senjata tajam.

Baca juga: Pemkab diajak tinjau fasilitas di Banti sebelum pulangkan 1.800 warga

Pewarta : Evarianus Supar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar