Saat ini progres pembangunan KSPN Super Prioritas telah mencapai 57,85 persen hingga pertengahan November 2020
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis penataan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) akan rampung pada tahun depan.

“Saat ini progres pembangunan KSPN Super Prioritas telah mencapai 57,85 persen hingga pertengahan November 2020. Adapun serapan anggaran mencapai Rp2,64 triliun dari total anggaran Rp3,81 triliun atau sebesar 69,36 persen untuk 5 KSPN Super Prioritas yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang-Manado-Bitung,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menteri Basuki mencontohkan pembangunan infrastruktur di KSPN Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi wisata unggulan di antaranya pembangunan Jalan Lingkar Samosir, pelebaran alur Tano Ponggol dan Jembatan Tano Ponggol, revitalisasi Danau Toba, instalasi pengolahan air, sanitasi, penataan kawasan tepi Danau Toba, dan peningkatan kualitas rumah swadaya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk pondok wisata (homestay).

Baca juga: Kementerian PUPR susun rencana induk dukung infrastruktur 3 KSPN

Selanjutnya pada KSPN Mandalika di antaranya meliputi konektivitas, pengendali banjir, serta sarana dan prasarana penunjang pariwisata.

“Untuk pembangunan saluran pengendali banjir KEK Mandalika saat ini progres fisiknya mencapai 96,91 persen dan ditargetkan dapat selesai pada Desember 2020. Anggaran pembangunan pengendali banjir ini Rp75 miliar. Sedangkan untuk penataan kawasan 3 Gili dengan anggaran Rp24,9 miliar saat ini progresnya 22,36 persen,” kata Menteri Basuki.

Di KSPN Labuan Bajo, pihaknya saat ini tengah menyelesaikan peningkatan jalan, penataan trotoar, dan drainase Jalan Soekarno-Hatta bawah dengan biaya Rp42,79 miliar di mana progresnya saat ini sebesar 70,69 persen.

Baca juga: Kementerian PUPR alokasikan Rp167,5 miliar bangun Sarhunta Danau Toba

“Sedangkan untuk penataan Kawasan Goa Batu Cermin saat ini progresnya sudah 64,27 persen dengan anggaran Rp27,5 miliar,” tutur Menteri Basuki.

Untuk penataan di KSPN Borobudur, Menteri Basuki mengatakan secara umum progresnya bagus. Salah satunya adalah bantuan rumah swadaya masyarakat untuk digunakan pondok wisata ditargetkan akan selesai Desember 2020.

Sedangkan penataan KSPN Likupang, kata Menteri Basuki, yang sudah rampung 100 persen adalah pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Sungai Likupang sepanjang 1 km dengan anggaran Rp10,88 miliar.

Baca juga: Menteri Basuki: Penataan KSPN Labuan Bajo Selesai Desember 2020

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020