Massa aksi di Kedubes Prancis bubar, Jalan MH Thamrin kembali dibuka

id demo jakarta

Suasana lalu lintas menuju Jalan MH Thamrin yang telah dibuka oleh polisi usai massa aksi membubarkan diri di Kedutaan Besar Prancis, Senin (2/11/2020). ANTARA/Livia Kristianti.

Jakarta (ANTARA) - Jalan MH Thamrin ke arah Jalan Jendral Sudirman kembali dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, usai massa aksi di depan Kedutaan Besar Prancis membubarkan diri sejak pukul 16.00 WIB, Senin.

Berdasarkan pantauan ANTARA, arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin mengarah ke Jalan Jendral Sudirman benar-benar dapat beroperasi pada 16.45 WIB.

Usai massa bubar, Polisi tidak langsung membuka akses jalan karena pihaknya masih melakukan penyisiran memastikan kawasan Kedubes Prancis sudah steril dari massa aksi.

Selain itu, selama 45 menit usai massa bubar, petugas kebersihan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat bergerak cepat membersihkan sampah-sampah di jalan protokol itu.

"Tadi aksi dari beberapa elemen umat Islam, Alhamdulillah mereka telah menyampaikan aspirasi dengan baik dan tertib. Mereka sudah bubar juga, sehingga arus (lalu lintas) segera kami buka," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto di Simpang Sarinah.

Senin (2/11), ada dua aksi di kawasan Jakarta Pusat yaitu di Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Kedutaan Besar Prancis.

Massa di Patung Kuda Arjuna Wiwaha berasal dari elemen buruh, sedangkan massa di depan Kedutaan Besar Prancis berasal dari elemen sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam.

Kedua aksi itu berjalan tertib dan kondusif, namun untuk aksi di Kedutaan Besar Prancis beberapa orang sempat diamankan karena diduga mencopet barang berharga berupa telepon seluler milik peserta aksi.

Baca juga: Lalu lintas MH Thamrin masih terpantau lancar meski ada aksi demo
Baca juga: Polres Jakarta Pusat amankan pelajar bawa pistol mainan ke unjuk rasa


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar