Menebar terumbu karang berbentuk COVID-19 dan ini sebagai simbol bahwa pemerintah provinsi bersama para pemuda bersinergi dan berkomitmen memerangi virus mematikan ini.
Bangka Tengah, Babel (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Babel menebar puluhan terumbu karang berbentuk COVID-19 di Perairan Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92.

"Saya mengapresiasi para pemuda, khususnya KNPI yang berinisiatif melakukan pelestarian lingkungan dengan penebaran terumbu karang berupa bentuk virus corona jenis baru penyebab COVID-19 itu ke dalam laut ini,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pulau Ketawai, Selasa.

Ia mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 ini cukup unik dan kreatif dengan menebar terumbu karang berbentuk COVID-19 dan ini sebagai simbol bahwa pemerintah provinsi bersama para pemuda bersinergi dan berkomitmen memerangi virus mematikan ini.

"Di masa pandemi ini, pemerintah daerah bersama para pemuda bersatu, agar selalu waspada dan menjaga diri dengan memerangi virus corona dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan demi kehidupan yang berkelanjutan," ujarnya.

Menurut dia setiap 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda di mana hari itu menjadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Para pemuda dari Sabang sampai Merauke bersatu, menyatakan ikrar dan menggelorakan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

"Aksi positif semacam ini harus ditularkan kepada para pemuda lainnya dan memotivasi para pemuda menjadi pribadi yang lebih baik melalui karya dan kreasi demi kemajuan negeri," katanya.

"Oleh karena itu dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-92 ini, saya mengajak para pemuda khususnya pemuda di Babel mari, kita berkarya, berkreasi, berinovasi, untuk memajukan negeri kita ini. Agar kita menang melawan pandemi COVID-19," katanya.

"Dalam memerangi dampak virus corona, dibutuhkan peran serta dan kerja sama dari semua pihak untuk mengembalikan ekonomi yang lesu agar menjadi kembali naik," tambahnya.

Ia berharap para pemuda bersatu karena peran para pemuda menjadi penting dalam mengambil posisi krusial untuk mewujudkan visi yang sama.

“Selamat kepada Ketua Umum KNPI yang sengaja hadir dari Jakarta bersama dengan para pemuda dan pemudi Babel untuk melakukan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para nelayan pada khususnya . Di koordinat ini telah dijatuhkan calon karang-karang baru yang menjadi rumah bagi ikan nantinya,” demikian Erzaldi Rosman Djohan.

Baca juga: 50 persen terumbu karang Babel rusak

Baca juga: Wisatawan dilaporkan hilang di Pulau Ketawai Bangka Tengah

Baca juga: Walhi Protes Operasi Kapal Isap di Babel

Baca juga: Peserta Sail Karimata kagumi keindahan Pulau Ketawai

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020