Menteri Terawan puji pengabdian dokter pada Hari Dokter Indonesia

id Hut dokter,terawan,menkes terawan

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto (kemeja putih) (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto memuji pengabdian para dokter di Tanah Air pada momentum peringatan Hari Dokter Indonesia yang jatuh pada 24 Oktober.

"Dokter punya peran besar dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sejauh ini, pengabdian para dokter selalu mewarnai dinamika yang terjadi dalam upaya memajukan negara," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: HUT ke-70, Presiden sampaikan ucapan selamat kepada IDI

Baca juga: MKKI minta dokter Indonesia teguh pegang azas kemaslahatan


Terawan mengatakan dari waktu ke waktu, para dokter memberi andil dalam pembangunan bangsa terutama masalah kesehatan masyarakat. Apalagi, belakangan ini para dokter kembali menunjukkan peran besarnya ketika Indonesia diterjang pandemi COVID-19.

"Saya mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang tulus dari para dokter, terutama di saat kita semua sedang berperang melawan COVID-19," katanya.

Mantan Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta itu juga menyinggung para dokter yang meninggal dunia dalam tugas menangani pasien COVID-19.

Secara pribadi, Terawan memandang para dokter yang gugur dalam bertugas melawan pandemi COVID-19 merupakan seorang pahlawan. Sebab, mereka berusaha menyelamatkan pasien yang terpapar virus mematikan tersebut, meski taruhannya nyawa.

"Kita tahu, banyak dokter yang gugur dalam tugas melawan COVID-19. Bagi saya mereka adalah pahlawan," ujar dia.

Baca juga: Ketua Umum IDI: Peningkatan penyakit tidak menular mengancam Indonesia

Baca juga: Presiden : Pandemi COVID-19 jadi momentum penguatan kesehatan nasional


Menteri Terawan juga meminta para dokter untuk terus meningkatkan kapasitasnya, sehingga dapat mengatasi tantangan yang semakin sulit di masa mendatang. "Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pengabdian dan pengorbanan para dokter," ucapnya.

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar