jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di Pagai Selatan ANTARA)
Jakarta (ANTARA) - Kepulauan Mentawai Sumatera Barat pada Senin diguncang dua kali gempa tektonik dalam waktu berdekatan dengan magnitudo di atas 5,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dia menjelaskan, gempa terjadi pada pukul 14.31.30 WIB dan pukul 14.47.22 WIB di wilayah Pagai Selatan. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa memiliki parameter update dengan magnitudo 5,6 dan 5,7.

Episenter terletak pada koordinat 3,36 LS - 100,29 BT dan 3,31 LS - 100,40 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak sekitar 33 km arah Barat Daya Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada kedalaman 13 km dan 17 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," katanya.

Baca juga: BMKG sebut gempa di Kepulauan Mentawai tidak berpotensi tsunami

Baca juga: Peneliti sebut gempa kecil di Mentawai bisa jadi penanda gempa megathrust


Guncangan gempa dirasakan di daerah Padang, Painan, Mentawai, Mukomuko pada skala II-III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Guncangan gempa juga terasa di Kota Bengkulu, Kepahiang, Bengkulu Utara pada skala I-II MMI dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Baca juga: Gempa kembar di Bengkulu terjadi di Segmen Megathrust Mentawai-Pagai

Baca juga: Gempa 5,3 M guncang Kepulauan Mentawai, tidak berpotensi tsunami


 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020