Apa yang Anda lihat adalah aksi ambil untung di sektor teknologi. Di situlah di mana penjualan berlangsung
New York (ANTARA) - Wall Street beragam pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), dengan S&P 500 merosot menghapus keuntungan di sore hari ketika kerugian di saham-saham teknologi melebihi pernyataan Federal Reserve yang memicu optimisme akan mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk jangka waktu yang lama.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 36,78 poin atau 0,13 persen, menjadi ditutup pada 28.032,38 poin. Indeks S&P 500 kehilangan 15,71 poin atau 0,46 persen, menjadi berakhir di 3.385,49 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup jatuh 139,86 poin atau 1,25 persen, menjadi 11.050,47 poin.

Indeks-indeks awalnya memperpanjang kenaikan dan Dow sempat menguat lebih dari satu persen setelah Fed mempertahankan suku bunga mendekati nol dan berjanji dalam pernyataan kebijakannya untuk mempertahankannya di dekat sana sampai inflasi berada di jalur untuk "cukup melebihi" target bank sentral AS dua persen "untuk beberapa waktu."

Proyeksi ekonomi baru menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan memperkirakan suku bunga ditahan setidaknya hingga 2023.

Tapi pasar berbalik arah menjelang penutupan, dengan saham-saham teknologi memimpin penurunan pada S&P 500. Sektor teknologi, yang telah pulih dari aksi jual tajam, jatuh 1,6 persen, menjadi penyeret terbesar pada indeks acuan.

Pernyataan dan komentar Ketua Fed Jerome Powell "bahkan lebih dovish dari yang diharapkan pasar," kata Quincy Krosby, kepala strategi pasar di Prudential Financial di Newark, New Jersey. "Ini dikirim ke pasar bahwa The Fed bermaksud untuk tetap akomodatif."

Kerugian telat kemungkinan mengikuti penurunan saham-saham teknologi, katanya. “Apa yang Anda lihat adalah aksi ambil untung di sektor teknologi. Di situlah di mana penjualan berlangsung."

Pertemuan dua hari bank sentral adalah yang pertama di bawah kerangka baru yang diadopsi yang berjanji untuk membidik inflasi di atas dua persen untuk menutupi periode di mana bank sentral berjalan di bawah target itu.

Sisi positifnya, saham FedEx Corp melambung 5,8 persen, setelah perusahaan pengiriman paket itu melaporkan laba kuartalan yang lebih besar dari perkiraan, dibantu oleh kenaikan harga dan biaya bahan bakar yang lebih rendah.

Rata-rata transportasi Dow Jones, yang sering dianggap sebagai barometer kesehatan ekonomi, naik 0,7 persen.

Spotify Technology SA turun 1,3 persen setelah Apple Inc mengumumkan paket-paket untuk semua layanannya yang menurunkan biaya langganan Apple Music.

Baca juga: Wall Street dibuka menguat jelang pengumuman bank sentral AS
Baca juga: Wall Street menguat di tengah harapan Fed akan tetap akomodatif

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020