Tanjungpinang (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ahadi mengharapkan tingkat kelulusan siswa pada pelaksanaan ujian nasional (UN) mencapai 90 persen.

"Kami harapkan kelulusan siswa mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat bisa mencapai 90 persen pada pelaksanaan UN bulan Mei 2010," kata Ahadi di Tanjungpinang, Selasa.

Ahadi mengatakan untuk mencapai target tersebut, saat ini siswa yang akan mengikuti ujian disetiap sekolah sudah mulai dipersiapkan untuk mengikuti UN.

"Guru-guru di setiap sekolah sudah memberikan pelajaran tambahan kepada siswa seperti tambahan belajar sore dan kelompok belajar lainnya untuk memacu kemampuan siswa," ujarnya.

Dia menyatakan optimistis siswa-siswa di Tanjungpinang mampu memenuhi target kelulusan tersebut.

"Dengan adanya bimbingan langsung dari guru dan ditambah keinginan siswa tersebut untuk belajar lebih giat, diharapkan seluruh siswa bisa mengikuti ujian dan lulus," katanya.

Menurut dia jumlah mata pelajaran yang akan diujikan pada UN untuk tingkat SMA sebanyak enam mata pelajaran dan untuk tingkat SMP sebanyak empat mata pelajaran dengan minimal standar nilai kelulusan 4,25 dengan rata-rata 5,5.

"Yang diperbolehkan hanya dua mata pelajaran dengan nilai 4,00," katanya.

Dia mengatakan siswa yang tidak lulus ujian juga ada kesempatan mengikuti ujian ulang mata pelajaran yang tidak lulus.

"Jika siswa tersebut masih tidak lulus baru ada pilihan untuk mengikuti ujian paket B atau paket C, atau mengulang lagi tahun depan," kata Ahadi.(PK-NP/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010