Jakarta (ANTARA) - Dampak pandemi COVID-19 telah melemahkan berbagai sektor ekonomi, tidak terkecuali otomotif, dan hingga Juli 2020 penjualan Isuzu di Indonesia mengalami penurunan sekitar 29,6 persen meskipun pada sisi purna jual (after sales) pengaruhnya relatif lebih rendah.

“Hal itu menandakan bahwa demand (permintaan) terhadap after sales tetap signifikan, dikarenakan existing truck tetap membutuhkan after sales untuk beroperasi,” kata Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Emando Demily dalam sambutannya pada Isuzu Skills e-Competition 2020, sebagaimana dikutp dari siaran pers, Sabtu.

Melihat kondisi itu, Isuzu tetap berkomitmen untuk memberikan layanan purna jual dengan baik dan terus meningkatkannya, di antaranya melalui Isuzu Skills Competition sebagai salah satu bentuk peningkatan kualitas sumber daya.

Baca juga: 17 bus Isuzu jadi "feeder" di Kota Semarang

Baca juga: Bengkel resmi siap terapkan protokol kesehatan sambut kenormalan baru


Pada tahun ini, Isuzu tetap menggelar Isuzu Skills Competition dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah fase adaptasi kebiasaan baru.

IAMI pun menggelar kompetisi after sales service itu secara online dengan tajuk Isuzu Skills e-Competition 2020 pada 4 hingga 7 Agustus, sedangkan pemenangnya diumumkan 14 Agustus kemarin.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Mekanik, Partman, Workshop Head dan yang terbaru kompetisi untuk kategori Field Advisor. Khusus untuk mekanik, pemenang tingkat nasional akan diseleksi kembali untuk menjadi wakil Indonesia di kompetisi serupa tingkat dunia yaitu The Isuzu World Technical e-Competition (I-1 Grand Prix) yang pertama kali pula akan diselenggarakan secara virtual.

“Dengan diselenggarakannya acara ini, Isuzu Astra Motor Indonesia berharap tetap menjaga kualitas manpower after sales service Isuzu yang handal dan juga sebagai proses pembelajaran kita bersama untuk beradaptasi terhadap perubahan perilaku yang terjadi selama dan pasca-COVID-19 ini,” kata Benny Dwiyanto, General Manager Service IAMI.

Pada ketegori Workshop Head, Isuzu Skills e-Competition 2020, juara pertama direbut Marksono dari Zirang Isuzu, juara dua Rusdi dari Astra Isuzu Jatim, dan juara ketiga Fadli K dari Astra Isuzu Jabar.

Untuk kategori Field Advisor, juara pertama Sunarya dari Astra Isuzu Jatim, kedua Sulaiman dari Dwijaya Isuzu, ketiga Alwi Ahmad A dari Borneo Isuzu IBT, sedangkan pada kategori Partman, juara pertama Agus Priyanto dari ASCO Isuzu, Albert Putra dari Astra Isuzu Jateng juara kedua, dan Sahril SIdik dari Astra Isuzu Jabar juara ketiga.

Di kategori Mekanik, juara pertama direbut Engkus Setiadi dari Astra Isuzu Jabar, juara dua Rakhmad Bastian dari Dwijaya Isuzu, dan juara ketiga Sidiq Susilo dari Borneo Isuzu IBT.

Baca juga: Isuzu dukung penundaan Euro4 karena pandemi

Baca juga: IAMI tegaskan akan fokus pada pasar kendaraan niaga

Baca juga: Isuzu tunda berbagai peluncuran varian terbarunya
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020