pasien untuk pelayanan emergensi dan rujukan BPJS dari puskesmas yang ditutup dialihkan ke puskesmas terdekat
Bogor (ANTARA) - Karena ada pegawai puskesmas yang terkonfirmasi positif COVID-19, Dinas Kesehatan Kota Bogor menutup sementara, selama tiga hari, operasional enam puskesmas di daerah itu.

"Enam puskesmas itu ditutup sementara selama tiga hari, pada 12-14 Agustus 2020, karena pegawainya ada yang terkonfirmasi positif COVID-19. Selama ditutup dilakukan penyemprotan disinfetan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, di Kota Bogor, Kamis.

Sebanyak enam puskesmas yang tutup sementara, Puskesmas Gang Aut Kecamatan Bogor Tengah, Puskesmas Cipaku Kecamatan Bogor Selatan, Puskesmas Bogor Utara dan Puskesmas Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal, serta Puskesmas Sindangbarang dan Puskesmas Semplak Kecamatan Bogor Barat.

Selama ditutup, kata dia, gedung puskesmas dilakukan penyemprotan disinfektan sedangkan pegawai lainnya yang menjadi kontak erat menjalani tes usap.

Sebanyak tiga puskesmas lainnya ditutup selama tiga hari sebagian pelayanannya. Ketiga puskesmas itu Puskesmas Pulo Armin Kecamatan Bogor Timur ditutup sementara pelayanan klinik ibu dan anak serta persalinan, Puskesmas Merdeka Kecamatan Bogor Tengah ditutup sementara pelayanan Laboratorium, sedangkan Puskesmas Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal tetap beroperasi seperti biasa.

Baca juga: Dua puskesmas di Banda Aceh tutup karena COVID-19

Sri Nowo Retno menjelaskan penutupan enam puskesmas tersebut menyusul ditemukan 30 pegawai di delapan puskesmas yang terkonfirmasi positif COVID-19 dari kegiatan "active case finding" atau pencarian aktif kasus COVID-19.

Sebanyak 30 pegawai yang terkonformasi positif COVID-19 adalah tenaga kesehatan, yakni dokter, bidan, dan perawat, tenaga administrasi, serta tenaga pendukung.

Ia menjelaskan penelusuran dan pendalaman kontak erat pada 11 Agustus 2020 dan kajian ulang pada 12 Agustus, dengan mempertimbangkan jumlah dan jenis tenaga yang positif, jumlah dan jenis tenaga yang menjadi kontak erat, serta penilaian kemampuan puskesmas, maka diputuskan enam puskesmas ditutup sementara operasionalnya selama tiga hari.

Ia mengatakan empat puskesmas tersebut akan dibuka kembali pada Sabtu (15/8), tetapi pelayanannya masih dibatasi hanya untuk kunjungan pasien rawat jalan, gawat darurat, dan rujukan BPJS.

Selama dilakukan penutupan sementara, kata dia, maka pasien untuk pelayanan emergensi dan rujukan BPJS dari puskesmas yang ditutup dialihkan ke puskesmas terdekat.

Dari Puskesmas Mekareangi dialihkan ke Puskesmas Kedungbadak, dari Puskesmas Cipaku dialihkan ke Puskesmas Bogor Selatan, dari Puskesmas Gang Aut dialihkan ke Puskesmas Belong, dari Puskesmas Bogor Utara ke Puskesmas Tegal Gundil, dari Puskesmas Sindangbarang ke Puskesmas Pasir Mulya, serta dari Puskesmas Semplak ke Puskesmas Gang Kelor.

Baca juga: Dua Puskesmas di Karawang ditutup karena tenaga medis positif COVID-19
Baca juga: Empat puskesmas Kota Bogor tutup, pasien dialihkan ke puskesmas lain

Pewarta: Riza Harahap
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020