Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi terus mendorong dan mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan di perusahaan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

"Perusahaan perlu memastikan penerapan kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran COVID-19," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan secara langsung ke sejumlah perusahaan yang ada di wilayah setempat.

Baca juga: Kalsel gandeng ulama terapkan protokol kesehatan cegah COVID-19

"Kegiatan ini diperlukan guna mengetahui sejauh mana dampak COVID-19 terhadap produktivitas di perusahaan-perusahaan di Purbalingga termasuk juga mengenai penerapan protokol kesehatan di setiap perusahaan," katanya.

Bupati mengatakan berdasarkan pemantauan tersebut diketahui bahwa penerapan protokol kesehatan telah dilaksanakan secara baik di masing-masing perusahaan.

"Alhamdulillah seluruh perusahaan yang didatangi terpantau sudah menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari seluruh karyawan menggunakan masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, jaga jarak dan pengukuran suhu," katanya.

Dia menambahkan berdasarkan hasil komunikasi dengan beberapa perusahaan tersebut, juga diketahui bahwa pandemi COVID-19 telah berdampak pada tingkat penjualan produk.

Baca juga: Wali Kota Depok terbitkan SE berisi 11 poin protokol kesehatan pribadi

"Ada perusahaan yang penjualannya menurun akibat penurunan permintaan atau order pada masa pandemi, diharapkan dengan memasuki masa adaptasi kebiasaan baru maka tingkat penjualan akan kembali mengalami peningkatan," katanya.

Bupati juga berharap Kabupaten Purbalingga akan segera menjadi zona hijau dan tidak ada lagi penambahan pasien COVID-19 di wilayah ini.

Untuk mewujudkan hal itu, kata dia, masyarakat harus terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru.

Dia juga mengatakan kunci sukses dalam mencegah virus tersebut adalah dengan meningkatkan rasa disiplin dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas.

"Mari bersama lindungi diri sendiri dan keluarga kita, juga melindungi orang lain yang ada di sekeliling kita mari bersama-sama kita menerapkan adaptasi kebiasaan baru," katanya.
***3***
T.W004

Baca juga: Anggota DPR dorong pelibatan TNI/Polri untuk pendisiplinan protokol
Baca juga: Semarang siapkan peraturan soal pelanggaran protokol kesehatan
Baca juga: Sultan HB X ingatkan peringatan HUT RI patuhi protokol kesehatan


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020