Timika (ANTARA) - Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menyebut berdasarkan laporan sementara musibah tanah longsor di empat kampung di kawasan Aroanop, Distrik Tembagapura pada Kamis (30/7) malam mengakibatkan sedikitnya delapan rumah warga dan gedung sekolah tertimbun.

Selain itu, juga dilaporkan enam jembatan gantung yang dibangun oleh pihak perusahaan terputus.

"Informasi sementara yang disampaikan masyarakat bahwa ada enam jembatan gantung putus, delapan rumah serta gedung sekolah tertimbun," kata John di Timika, Minggu.

Pada Sabtu (1/8) siang Wabup Mimika John Rettob menggelar pertemuan dengan sejumlah kepala kampung serta tokoh masyarakat Aroanop bertempat di kawasan Djayanti, Distrik Kuala Kencana.

Pertemuan itu memutuskan bahwa empat kepala kampung di kawasan Aroanop yang terdampak bencana longsor yaitu Kepala Kampung Jagamin, Baluni, Omponi dan Anggigi harus segera bertolak menuju Aroanop pada Minggu ini atau paling lambat pada Senin (3/8) dengan menggunakan armada helikopter.

Baca juga: Hindari longsor susulan, warga Aroanop Tembagapura mengungsi ke gunung
Baca juga: Korban meninggal akibat longsor dan banjir Sorong menjadi lima


Para kepala kampung itu akan didampingi oleh Kepala Distrik Tembagapura Thobias Jawame.

Kawasan Aroanop dan sejumlah kampung di dataran tinggi Kabupaten Mimika hanya bisa dijangkau satu-satunya dengan transportasi udara melalui helikopter.

Namun penerbangan helikopter ke lokasi bencana itu terkendala akibat kondisi cuaca yang tidak bersahabat dalam beberapa waktu terakhir.

"Sangat tergantung dengan kondisi cuaca, kalau esok pagi cuaca bagus kami harapkan mereka semua bisa berangkat ke Aroanop. Semua ini difasilitasi oleh Pemda Mimika," kata John.

Baca juga: Korban meninggal akibat longsor dan banjir di Kota Sorong empat orang
Baca juga: Longsor dan banjir terjang Kota Sorong-Papua Barat, tiga meninggal
Musibah tanah longsor dan banjir bandang menimpa sejumlah kampung di lembah Aroanop, Distrik Tembagapura, Mimika. (ANTARA/Evarianus Supar)

Pemkab Mimika, katanya, belum bisa memastikan total kerugian akibat bencana tanah longsor disertai banjir bandang di wilayah Aroanop maupun Tsinga, Distrik Tembagapura.

Satu-satunya akses informasi ke lokasi bencana dari Timika hanya melalui saluran telepon, dimana warga di lokasi bencana harus berjalan kaki naik turun gunung dan hutan berkilo-kilo meter dari kampung mereka untuk mencari sinyal telepon.

Wabup Mimika itu juga meminta bantuan TNI dan Polri untuk membantu keamanan dalam mengakses lokasi bencana.


Baca juga: Longsor timpa dua pengendara di Manokwari
Baca juga: Freeport buka kembali akses jalan tambang tertutup longsor

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020