Manado (ANTARA News) - Anggota DPRD Kota Manado, Sulawesi Utara, mendukung keputusan Mahkamah Agung (MA) membatalkan Ujian Nasional dan memerintahkan semua daerah di Manado tidak menyelenggarakan Ujian Nasional.

"Sebagai wakil rakyat saya sangat mendukung keputusan tersebut, sebab ujian nasional membuat siswa kesulitan menghadapi ujian dan membuat yang tak lulus menjadi tertekan," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Manado, Amir Liputo di Manado, Sabtu.

Liputo menilai standard kelulusan ujian merugikan siswa di daerah, karena standar pendidikan di daerah berbeda sehingga tak dapat dipaksakan dilakukan di daerah.

Dia menyebut hasil ujian nasional tidak selalu bisa menjadi barometer siswa karena banyak siswa yang lulus Ujian Nasional namun tidak lulus saat masuk perguruan tinggi.

Ia mengatakan seharusnya pemerintah lebih memikirkan bagaimana menambah sarana dan prasana pendidikan di daerah sampai daerah siap menyelenggarakan ujian nasional.

Dia mengusulkan sebaiknya standard kelulusan dikembalikan ke daerah, karena akan lebih bermanfaat di daerah, dan tak menyusahan siswa, disamping meningkatkan kelulusan siswa. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009