Karanganyar (ANTARA) - Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 1995 telah melaksanakan bakti sosial penanaman sebanyak 2.500 bibit pohon di lereng Gunung Lawu tepatnya di Dukuh Bulakrejo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Jateng, Sabtu.

Pada acara bakti sosial selain penanaman ribuan pohon oleh para alumi AKABRI angkatan 1995 tersebut, juga penyaluran paket sembako, dan mengunjungi panti pelayanan sosial anak di Tawangmangu Karanganyar, dalam rangka reuni perak atau 25 tahun.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P. Damanik selaku perwakilan alumni AKABRI angkatan 1995 mengatakan kegiatan bakti sosial rangkaian reuni perak alumni AKABRI 1995 Bimacakti yang tergabung dalam matra darat, laut, udara, dan kepolisian merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19.

"Sebanyak 784 perwira lulusan AKABRI 1995 baik dari AU, AL, AD dan Kepolisian. Biasanya reuni 25 tahun AKABRI dilaksanakan di Magelang, karena kondisi COVID-19 dilakukan di tengah masyarakat," kata Danlanud.

Baca juga: Perhutani kembali buka jalur wisata pendakian Gunung Lawu

Danlanud menjelaskan mengapa penanaman sebanyak 2.500 pohon di lereng Gunung Lawu Karanganyar tersebut karena merupakan destinasi wisata bagi masyarakat.

"Jadi ini, dapat mengedukasi masyarakat agar ikut melestarikan alam dan membudidayakan penanaman pohon. Adapun pohon yang ditanam berupa pohon jenis pinus dan damar," kata Danlanud.

Pada acara bakti sosial yang dilaksanakan di wilayah Tawangmangu selain perwakilan Alumni AKABRI angkatan 1995, juga dihadiri anggota komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah, Forum Komunikasi Pimpinan Daeran (Forkopimda) Kabupaten Karanganyar, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tawangmangu, dan relawan Gunung Lawu.

Danlanud mengatakan kegiatan bakti sosial 25 tahun alumni AKABRI 1995 Bimacakti tersebut selama pandemi COVID-19, dilaksanakan di 28 kota di Indonesia, dan 12 negara di luar negeri melalui Kedutaan Besar Indonesia.

"Kegiatan bakti sosial itu, tujuannya untuk membantu warga yang terdampak COVID-19. Kami juga sedikit memberikan bantuan 300 paket sembako kepada warga terdampak di sekitar kawasan Gunung Lawu, dan diharapkan dapat bermanfaat bagi warga setempat, " kata Danlanud.

Baca juga: Di lereng Gunung Lawu, Gubernur Jatim pantau padat karya dana desa

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020