Jayapura (ANTARA) - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan bersama Bupati Nduga Yairus Gwijangge meresmikan Koramil 1715-07/Kenyam yang masuk dalam jajaran Kodim 1715/Yahukimo.

"Saya bersama Bupati Nduga Yairus Gwijagge secara simbolis bersama-sama meresmikan Koramil 1715-07/Kenyam Kodim 1715/Yahukimo di Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Jum’at (10/7)," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Sabtu.

Kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD Kabupaten Nduga dan seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta semua yang hadir dalam kegiatan tersebut, mantan Danrindam XVII/Cenderawasih itu menyampaikan terima kasih atas dukungan pembangunan markas koramil tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih serta rasa syukur dan bangga bisa sampai di Kabuoaten Nduga. Sekaligus saya memperkenalkan diri sebagai pejabat Komandan Korem 172/PWY yang baru dan tugas saya sebagai Danrem untuk menjaga dan menjalin hubungan serta mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah demi damai sejahtera bagi masyarakat Nduga," katanya.

Dengan adanya Koramil 1715-07/Kenyam tentunya dapat membantu pemerintah setempat dalam membimbing dan menyejahterakan masyarakat. Sehingga kehadiran TNI dan juga Polri di Kenyam semata-mata untuk bekerja membantu dan menopang pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pembangunan di Kabupaten Nduga.

Danrem juga menyebutkan, kehadiran Koramil dapat membantu pemerintah daerah dalam memastikan daerah aman dan damai. "Seperti kita ketahui bersama bahwa daerah ini merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kerawanan gangguan keamanan yang cukup tinggi di Papua. Sehingga dengan pembangunan ini kita berharap dapat meminimalisir kerawanan tersebut," kata Danrem.

Ke depan, lanjut Izak, akan diresmikan Kodim yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. “Adanya Kodim Nduga diharapkan dapat membantu dan mengutamakan kerja bermitra dengan seluruh elemen masyarakat sehingga tercipta kamtibmas yang diharapkan bersama”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Nduga Yairus Gwijagge mengatakan pemerintah dan masyarakat sangat mengharapkan adanya Kodim dan Polres untuk membantu menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Nduga.

“Saya selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Nduga dan masyarakat selalu mengharapkan adanya Kodim di Kabupaten ini dan itu adalah harapan kami yang sangat besar karna daerah ini dianggap tidak aman dan masih rawan terhadap gangguan dari kelompok-kelompok yang masih berbeda pendapat dengan kita”, katanya.

Yairus berharap dengan adanya Kodim dapat merangkul dan bisa membuat masyarakat merasa aman dan juga merupakan tanggung jawab bersama sebagai pemerintah daerah dan aparat untuk membina masyarakat di Kabupaten Nduga.

“Saya minta agar aparat yang bertugas di sini yaitu TNI-Polri harus betul-betul membina masyarakat tapi tidak dengan tindakan kekerasan melainkan memberikan mereka pemahaman-pemahaman yang baik agar masyarakat bisa mengerti karena itu adalah harapan kami semua selaku pemerintah daerah dan tokoh-tokoh perempuan Papua, tokoh gereja dan tokoh adat di Kabupaten Nduga," kata Yairus.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020