Pasien COVID-19 sembuh di Kalsel bertambah 120 menjadi 1.086 orang

id covid-19 kalsel,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Juru Bicara Gugus Tugas Pemprov Kalsel Muslim. (Antaranews Kalsel/Humas Pemprov Kalsel)

Banjarbaru (ANTARA) - Pasien COVID-19 yang dirawat di berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan dinyatakan sembuh bertambah sebanyak 120 orang sehingga total pasien sembuh menjadi 1.086 orang dari total kasus positif di Kalsel mencapai 3.695 orang.

Ketua Harian Gugus Tugas H Abdul Haris Makkie di Banjarbaru, Selasa, mengatakan penambahan pasien sembuh yang cukup signifikan merupakan kabar yang sangat menggembirakan.

Mendukung dan menyambut baik kesembuhan para pasien tersebut, Haris Makie juga berkenan melepas sebanyak 83 pasien atau biasa disebut tamu Karantina Khusus BPSDM 1 Jl Panglima Batur Timur Banjarbaru.

Pada kesempatan tersebut, Haris mengatakan seluruh tamu karantina yang sembuh tersebut dipulangkan setelah menjalani serangkaian tes usap (swab) dan hasilnya dinyatakan negatif COVID-19.

Baca juga: Ledakan kasus COVID-19 di Kalsel tidak lagi dimonopoli Banjarmasin

Baca juga: Ketua Bawaslu RI ingatkan petahana tak politisasi bantuan COVID-19


Pelepasan ditandai dengan penyerahan surat hasil tes usap dan bantuan sembako oleh Ketua Harian Gugus Tugas kepada perwakilan tamu atau pasien karantina.

Haris mengungkapkan, para tamu karantina yang sembuh diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan olahraga dan makan makanan bergizi.

Selain itu, tetap menjaga dan menjadi contoh pola hidup bersih dan sehat lingkungan terdekat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Sampaikan kepada sanak keluarga dan tetangga dekat agar menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker saat aktivitas, cuci tangan, jaga jarak dan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Haris.

Koordinator karantina khusus Gugus Tugas Kalsel, Sukamto mengatakan seluruh tamu karantina yang telah negatif tersebut, berasal dari Banjarmasin, Batola, Banjarbaru, Banjar, Tapin, dan Hulu Sungai Utara.

Selain itu, satu orang warga dari Jakarta yang mengikuti karantina di lokasi tersebut, juga bisa dipulangkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Kalsel Muslim mengatakan secara rinci dari 120 pasien yang sembuh tersebut, masing-masing dirawat di RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin dua orang, Karantina Khusus Panglima Batur Banjarbaru 83 orang, isolasi mandiri Tanah Laut dua orang.

Selanjutnya, Karantina Kotabaru delapan orang, Karantina Hulu Sungai Tengah (HST) 14 orang, Karantina Tabalong tujuh orang, Karantina Banjarmasin dua orang dan isolasi mandiri Kota Banjarbaru dua orang.

Selain pasien sembuh, kasus COVID-19 juga bertambah 67 orang, masing-masing dari Kabupaten Tanah Laut empat orang, Kotabaru enam orang, Banjar satu orang, Barito Kuala satu orang.

Selanjutnya Tapin satu orang, Hulu Sungai Selatan (HSS) 13 orang, Hulu Sungai Tengah (HST) satu orang, Tanah Bumbu satu orang, Banjarmasin 30 orang dan Banjarbaru sembilan orang.

Sedangkan pasien meninggal bertambah dua orang dari Banjarmasin.

"Jadi dari total kasus COVID-19 yang mencapai 3.695 orang tersebut, sebanyak 2.404 dalam perawatan rumah sakit maupun isolasi mandiri, 1.086 orang sembuh dan 205 orang meninggal dunia," katanya.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 730 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 385 orang.*

Baca juga: Legislator: Saling menguatkan cegah perceraian saat pandemi COVID-19

Baca juga: 33 orang pasien COVID-19 di Kalsel dinyatakan sembuh

Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar