RIB gelar tes COVID-19 massal bagi karyawan perkantoran di Sarinah

id COVID-19, RIB, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Uno ,Sarinah

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Uno saat pemeriksaan tes COVID-19 massal di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Selasa (7/7/2020). (ANTARA/HO/Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 menggelar tes COVID-19 massal baik tes cepat maupun tes usap bagi para karyawan perkantoran di wilayah Jakarta Pusat dengan memilih Pusat Perbelanjaan Sarinah sebagai lokasi pemeriksaan.

"Kami melihat sekarang angka (kasus COVID-19) tinggi sekali dari yang tertular maupun yang wafat, 'rapid test' itu sebagai upaya pencegahan," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa.

Baca juga: RIB selenggarakan uji rapid dan swab bagi seribu warga Cilincing

Pada pengetesan COVID-19 di Sarinah itu, RIB menyiapkan 1000 alat tes cepat dan dua unit 'mobile laboratorium' untuk melakukan uji  usap dan tes Policymer Chain Reaction (PCR). Tes PCR diperuntukan bagi warga yang menunjukkan hasil reaktif dari tes cepat.

Tenaga medis sebanyak 40 orang dipersiapkan untuk melayani para karyawan perkantoran yang akan menjalani uji COVID-19 itu.

Baca juga: Sandiaga Uno bantu 4.600 APD bagi tenaga medis RSPI Sulianti Saroso

"Kalau kita solid, kompak protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin, maka kita akan mampu mengatasi pandemi COVID-19 ini," kata Sandi.

Dalam acara tes  COVID-19  massal,  "RIB Lawan COVID-19" juga menggandeng "Entrepreneur & Profesional (EP) For Jokowi".

Ketua Umum EP For Jokowi, Hasnil Fajri mengatakan pihaknya  berkomitmen melakukan pengetesan COVID-19 massal lainnya di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: RIB lakukan tes cepat COVID-19 sebanyak 25 ribu peserta per hari

Ia juga meminta masyarakat untuk tetap ketat menjalankan protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan.

"Kita harus bersama, karena COVID-19 adalah musuh bersama. Mari kita jaga, tetap cuci tangan dan jangan lupa mandi kalau pulang rumah," kata Hasnil.

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar