London (ANTARA News) - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mempercayakan Wakil Ketua Konferensi Tingkat Menteri ke-7 kepada Indonesia dalam rangka Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-7 WTO pada 30 November hingga 2 Desember 2009 di Jenewa.

Menteri Perdagangan RI disahkan pada Sidang Dewan Umum WTO (World Trade Organization), menjadi salah satu dari tiga Wakil Ketua KTM mendatang, berdampingan dengan Mesir dan Swiss, sedangkan Ketua KTM dipegang oleh Chile, ujar Sekretaris Kedua PTRI Jenewa Judha Nugraha kepada koresponden Antara London, Sabtu.

Menurut Judha Nugraha, penyelenggaraan KTM ke-7 kali ini cukup unik.

Ketua KTM biasanya dipegang negara tuan rumah, namun berhubung KTM ke-7 diselenggarakan di Markas Besar WTO di Jenewa, dan Swiss tidak berperan sebagai tuan rumah, maka disepakati Ketua KTM dijabat negara yang memegang jabatan ketua Dewan Umum (General Council) saat ini yaitu Chile.

Sedangkan penunjukan Wakil Ketua KTM masih mengikuti kebiasaan sebelumnya, yaitu berasal dari wilayah/kelompok yang belum terwakili yang akhirnya disepakati Indonesia mewakili wilayah Asia, Mesir mewakili wilayah Afrika dan Swiss mewakili kelompok negara maju.

KTM ke-7 kali ini juga tidak akan merundingkan isu Putaran Doha, melainkan juga difokuskan pada isu sistemik mengenai peran WTO dalam sistem perdagangan multilateral, demikian Judha Nugraha.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009