Koperasi ABM sebagai motor penggerak ekonomi anggota AMPHURI sampai hari ini terus bergerak, meski unit bisnis utamanya tersendat .
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi AMPHURI menggiatkan unit usaha koperasinya di tengah lesunya industri umrah dan haji khusus yang diterpa pandemi COVID-19.

"Praktis, kita semua hanya menjalankan kegiatan usaha hanya lima bulan saja sejak dibukanya musim umrah 1441 Hijriyah, September 2019 lalu," kata Ketua Umum DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Joko Asmoro kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan pihaknya memiliki Koperasi Amphuri Bangkit Melayani (ABM) yang perlu terus dioptimalkan saat pandemi. Selama wabah COVID-19, AMPHURI berikut koperasinya harus terus berdaya di tengah industri haji dan umrah yang berada di titik nadir terendah setelah umrah ditutup 27 Februari 2020 kemudian disusul pembatalan keberangkatan haji.
Baca juga: AMPHURI: Pembatasan jamaah haji oleh Saudi bentuk kehati-hatian

Joko mengatakan Koperasi ABM sebagai motor penggerak ekonomi anggota AMPHURI sampai hari ini terus bergerak, meski unit bisnis utamanya tersendat .

Dia mencontohkan dalam beberapa waktu ke depan Koperasi ABM bermitra dengan DPP AMPHURI bidang Pengembangan Wisata akan menggelar edukasi tur produk halal Indonesia.

Koperasi ABM, kata dia, juga menyiapkan beberapa produk unggulan berbasis digital yang akan dirilis dalam waktu dekat.

"Inilah bentuk keberanian koperasi dalam memetakan dan menjalankan bisnis yang 'out of the box'. Saya bangga dan makin cinta kepada Koperasi ABM," katanya.

Ketua Koperasi ABM, Amaluddin Wahab, mengatakan pihaknya memiliki varian produk di luar umrah dan haji khusus seperti "Jelita" yang menjual produk wisata halal luar negeri.
Baca juga: AMPHURI: Saudi serius selenggarakan haji tahun ini

Produk berikutnya, kata dia, adalah Indonesia Halal Discovery Channel (IHD Channel). Unit bisnis berupa Production House (PH) yang akan memproduksi tayangan program wisata dalam negeri dengan mengeksplorasi semua potensi wisata Indonesia untuk pasar luar negeri.

Selanjutnya, kata Amal, Koperasi ABM juga akan merilis produk Amphuri Store (Amstore) yaitu unit bisnis koperasi yang bergerak di perdagangan di luar produk haji, umrah, inbound maupun outbound.

Kemudian, kata dia, terdapat produk Simpan Pinjam Syariah. "Saya meyakini dengan kekuatan anggota lebih dari 400 biro travel yang tetap solid di setiap kondisi kalau saja semuanya mau bersatu lagi dalam wadah koperasi. Maka bukan tidak mungkin AMPHURI bermetamorfosis dari asosiasi menjadi korporasi," kata dia.
Baca juga: Amphuri tanggung potensi kerugian akibat pembatalan haji

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020