Pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan di masjid-masjid di Kota Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan
Bogor (ANTARA) - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor H Ade Sarmili mengingatkan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020 dapat dilaksanakan di masjid-masdjid di Kota Bogor tapi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan di masjid-masjid di Kota Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan seperti diatur dalam Surat Edaran Wali Kota Bogor," kata H Ade Sarmili melalui telepon selulernya di Kota Bogor, Jumat.

Baca juga: Shalat Idul Adha di Kota Bogor akan terapkan protokol kesehatan

Menurut Ade Sarmili, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bogor tentang Kegiatan Keagamaan di Masjid Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kota Bogor, yang ditandatangani pada 28 Mei 2020, sebagian besar masjid di Kota Bogor sudah bisa digunakan untuk ibadah sholat berjamaah dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan secara benar.

Berdasarkan aturan dalam surat edaran tersebut, maka masjid dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha pada 31 Juli mendatang, dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan secara benar.

Baca juga: Selain di Indonesia, ACT sasar 43 negara distribusikan daging kurban

Menurut Ade, penerapan protokol kesehatan itu antara lain, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menyediakan sarana tempat cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Selain itu melakukan pemeriksaan suhu tubuh jemaah, pengurus dan jemaah harus menggunakan masker, membawa sajadah masing-masing, tidak berjabatan tangan, dan menjaga jarak antara sesama jamaah sekitar dua meter.

Baca juga: Depok larang penjualan hewan kurban di pinggir jalan

Kemudian, bagi jemaah yang kurang sehat dan memiliki penyakit bawaan, belum diperkenankan untuk sholat berjamaah di masjid. Jemaah juga tidak mengajak anak berusia di bawah 15 tahun, serta orang berusia lanjut di atas 60 tahun agar melaksanakan sholat di rumah masing-masing.

Baca juga: Human Initiative siap laksanakan kurban dengan protokol kesehatan

Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Bogor ini menambahkan pada pelaksanaan Idul Adha agar imam membaca surat-surat pendek saat memimpin sholat dan menyampaikan khutbah secara singkat saja.

Ade juga mengingatkan, jemaah sholat Idul Adha setelah tiba di rumah agar segera mengganti pakaian dan mandi lagi untuk mencegah potensi penularan COVID-19.

Berdasarkan data DMI Kota Bogor ada sebanyak 875 masjid di Kota Bogor.

Baca juga: Global Qurban-ACT berikhtiar distribusikan kurban ke pelosok Indonesia







 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020