Karena sekali lagi kalau hanya segelintir orang yang menyuarakan gak akan jadi apa-apa sama seperti isu lingkungan hidup
Jakarta (ANTARA) - Musisi sekaligus aktivis lingkungan hidup, Nugie, menyampaikan pendapatnya mengenai aturan pembatasan jalur sepeda sementara atau "pop up bike line" di jalan protokol Sudirman - Thamrin, Jakarta. 

Sebagai salah satu orang yang telah lama menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari, Nugie tak mempermasalahkan aturan tersebut.

"Saya sih semua peraturan pada dasarnya ada baiknya, tapi khusus buat saya yang beraktivitas dengan sepeda kalau enggak boleh jalan protokol, sepeda bisa lewat jalan mana aja kok," kata Nugie kepada ANTARA, Sabtu (20/6).

Baca juga: Nugie komentari rencana larangan kantong plastik di Jakarta

Baca juga: Pertama kali jadi produser, Nugie garap proyek untuk keponakan


"Jadi jangan terlalu khawatir yang berlebihan. Karena sekali lagi kalau hanya segelintir orang yang menyuarakan gak akan jadi apa-apa sama seperti isu lingkungan hidup," sambungnya.

Meski demikian, adik dari Katon Bagaskara itu mengaku senang melihat tingginya minat masyarakat untuk bersepeda dalam beberapa hari belakangan ini.

Dia berharap agar hal tersebut bisa terus bertahan sehingga nantinya masyarakat semakin sadar untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

"Buat saya kalau ini jadi kesepakatan publik untuk berubah menjadikan transportasi bersepeda dan jalan kaki pasti nanti akan ada hal yang lebih mengakomodir kebutuhan yang mayoritas. Kan semua sekarang ini skalanya mayoritas, kalau minoritas masih susah berkiprah," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan pembatasan jam jalur sepeda sementara atau "pop up bike line" di jalan protokol Sudirman - Thamrin.

"Disepakati antara Ditlantas Polda Metro Jaya beserta Dishub DKI kita akan atur jam-jam daripada pop up bike line ini," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Sudirman, Jakarta.

Jam diberlakukannya jalur sepeda sementara ini adalah pada Senin - Jumat pukul 06.00 - 08.00 WIB, kemudian untuk sore hari dari pukul 16.00-18.00 WIB.

Sedangkan untuk hari Sabtu, jalur sepeda sementara akan diberlakukan pada pukul 10.00 - 12.00 WIB dan pukul 16.00 - 19.00 WIB.

Baca juga: Nugie sambut antusiasme masyarakat bersepeda, asal bukan tren sesaat

Baca juga: Pemerintah disarankan bangkitkan budaya bersepeda di normal baru

Baca juga: Sekar Sari bersepeda ke sawah kala suntuk di rumah

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020