Bandung,(ANTARA News) - Sebanyak 738 Puskesmas yang berlokasi di kawasan jalur mudik dan alik Lebaran 2009 di Pantura dan jalur selatan Jawa Barat, disiagakan 24 jam untuk melayani para pemudik.

"Dokter dan paramedis di Puskesmas jalur mudik disiagakan 24 jam untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, penanganan dilakukan sistem ring dengan rumah sakit terdekat," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat H Alma Luchyati di Bandung, Selasa.

Menurut Alma, Puskesmas yang disiagakan itu antara lain Puskesmas kecamatan, Puskesmas desa maupun Puskesmas Pembantu.

Patugas Puskesmas selain membuka posko di jalur mudik, juga siaga di posko Puskesmas masing-masing untuk mengantisipasi perawatan.

"Petugas Puskesmas langsung bergerak bilamana diperlukan untuk menangani pertolongan kasus kecelakaan lalu lintas maupun bencana," katanya.

Jauh-jauh hari, kata dia, pihaknya sudah memasok obat-obatan dan peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan di jalur mudik.

Khusus di jalur-jalur rawan kecelakaan lalu lintas, Dinas Kesehatan Jawa Barat menyiagakan ambulans dan menyiapkan posko khusus sehingga bisa bergerak cepat dalam melakukan penanganan kedaruratan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009