Ini adalah pandangan yang sangat serius, dengan krisis yang cenderung meninggalkan bekas luka jangka panjang dan menimbulkan tantangan global yang besar
Washington (ANTARA) - Ekonomi global berada di jalur untuk menyusut sebesar 5,2 persen tahun ini di tengah pandemi COVID-19, resesi terdalam sejak Perang Dunia Kedua, Kelompok Bank Dunia mengatakan dalam Prospek Ekonomi Global terbaru yang dirilis pada Senin (8/6/2020).

Aktivitas ekonomi di negara maju diperkirakan akan berkontraksi 7,0 persen pada 2020 karena permintaan dan pasokan, perdagangan, dan keuangan dalam negeri sangat terganggu, kata laporan itu. Ekonomi AS diproyeksikan menyusut sebesar 6,1 persen tahun ini, sementara Kawasan Euro bisa melihat kontraksi 9,1 persen.

Sementara itu, emerging markets dan ekonomi-ekonomi berkembang (EMDE) diperkirakan berkontraksi sebesar 2,5 persen tahun ini, "kontraksi pertama mereka sebagai sebuah kelompok setidaknya dalam enam puluh tahun," menurut laporan itu. Aktivitas ekonomi di Amerika Latin dan Karibia, khususnya, bisa turun 7,2 persen pada 2020.

Pertumbuhan di Asia Timur dan Pasifik diproyeksikan turun menjadi 0,5 persen pada 2020, satu-satunya wilayah yang dapat melihat pertumbuhan tahun ini, kata laporan itu. Ekonomi China diperkirakan akan tumbuh sebesar satu persen tahun ini.

Bank Dunia mengatakan pendapatan per kapita diperkirakan turun 3,6 persen, yang akan membawa jutaan orang ke dalam kemiskinan ekstrem tahun ini.

"Ini adalah pandangan yang sangat serius, dengan krisis yang cenderung meninggalkan bekas luka jangka panjang dan menimbulkan tantangan global yang besar," kata Wakil Presiden Kelompok Bank Dunia untuk Pertumbuhan, Keuangan, dan Lembaga yang Adil, Ceyla Pazarbasioglu.

Laporan itu juga mencatat bahwa pukulan itu paling keras terjadi di negara-negara di mana epidemi Virus Corona adalah yang paling parah dan di mana ada ketergantungan besar pada perdagangan global, pariwisata, ekspor komoditas, dan pembiayaan eksternal.

Sementara besarnya gangguan bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, semua EMDE memiliki "kerentanan" yang diperbesar oleh guncangan eksternal, kata laporan itu.

Ia menambahkan bahwa gangguan dalam sekolah dan akses layanan kesehatan primer cenderung memiliki "dampak jangka panjang" pada pengembangan sumber daya manusia.

Baca juga: Bank Dunia desak G20 tidak batasi ekspor di tengah wabah COVID-19

"Masalah yang harus ditangani pertama kami adalah menangani kesehatan global dan darurat ekonomi," kata Pazarbasioglu. "Selain itu, komunitas global harus bersatu buat menemukan cara untuk membangun kembali pemulihan sekuat mungkin guna mencegah lebih banyak orang jatuh ke dalam kemiskinan dan pengangguran."

Di bawah perkiraan dasar - yang mengasumsikan bahwa pandemi surut secara memadai untuk memungkinkan pencabutan langkah-langkah mitigasi domestik pada pertengahan tahun di ekonomi maju dan sedikit kemudian di EMDE, dan bahwa dampak buruk spillover global berkurang selama paruh kedua tahun ini - pertumbuhan global diperkirakan akan meningkat menjadi 4,2 persen pada 2021, menurut laporan itu.

Ekonomi negara-negara maju diperkirakan tumbuh 3,9 persen tahun depan dan EMDE dapat bangkit kembali sebesar 4,6 persen, laporan menunjukkan.

Namun, "prospeknya sangat tidak pasti dan risiko penurunannya dominan," termasuk kemungkinan pandemi yang lebih berlarut-larut, pergolakan keuangan, dan mundurnya hubungan perdagangan dan pasokan global, kata laporan itu.

Baca juga: Bank Dunia rekomendasikan 6 langkah atasi dampak ekonomi akibat Corona

Skenario penurunan dapat menyebabkan ekonomi global menyusut sebanyak 8,0 persen tahun ini, diikuti oleh pemulihan yang lamban pada 2021 hanya di atas 1,0 persen, dengan output di EMDE kontraksi hampir 5,0 persen tahun ini.

"Episode saat ini telah melihat sejauh ini penurunan tercepat dan curam dalam perkiraan pertumbuhan global," kata Direktur Kelompok Prospek Bank Dunia Ayhan Kose. Dalam laporan Prospek Ekonomi Global sebelumnya yang dirilis pada Januari, pemberi pinjaman multilateral itu memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh sebesar 2,5 persen tahun ini.

Baca juga: Bank Dunia prediksikan ekonomi RI tak tumbuh tahun ini, akibat Corona

Baca juga: Bank Dunia perkirakan penduduk miskin RI bertambah 9,6 juta orang


"Jika masa lalu adalah panduan, mungkin ada penurunan peringkat pertumbuhan lebih lanjut, menyiratkan bahwa pembuat kebijakan mungkin harus siap untuk menggunakan langkah-langkah tambahan guna mendukung kegiatan," kata Kose.

Dalam laporan tersebut, Bank Dunia juga mendesak pemerintah untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi dampak buruk dari krisis pada output potensial dengan menempatkan penekanan baru pada reformasi yang dapat meningkatkan prospek pertumbuhan jangka panjang.

"Pandemi telah menelanjangi kelemahan perawatan kesehatan nasional dan jaring pengaman sosial di banyak negara," kata laporan itu. "Penting untuk menerapkan sistem tunjangan sosial yang dapat memberikan jaring pengaman yang efektif, fleksibel, dan efisien selama bencana."

Baca juga: Indef perkirakan dampak stimulus ekonomi baru terasa triwulan IV 2020

Baca juga: Ekonom: Stimulus bukan untuk buat ekonomi naik, tapi tahan perlambatan

Baca juga: Pemerintah upayakan pertumbuhan ekonomi akhir 2020 di atas nol persen


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020