Dengan satu kasus terbaru itu menambah daftar positif COVID-19 di Provinsi Papua Barat menjadi 179 orang
Manokwari (ANTARA) - Jumlah warga terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Manokwari, Minggu bertambah satu kasus sehingga jumlah total di Provinsi Papua Barat naik menjadi 179 orang, setelah beberapa pekan tidak ada penambahan,

"Ada tambahan satu, berjenis kelamin perempuan usia 33 tahun. Ini hasil tes polymerase chain reaction (PCR) dari spesimen yang didapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di RSUD Manokwari," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat dr Arnoldus Tiniap di Manokwari, Minggu.

Ia menjelaskan belum diketahui pasti riwayat penularan pasien kesembilan tersebut.

Dengan satu kasus terbaru itu, kata dia, menambah daftar positif COVID-19 di Provinsi Papua Barat menjadi 179 orang.

"Untuk Manokwari total sembilan, enam pasien di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Dengan tambahan satu ini maka pasien COVID-19 di Manokwari yang masih dirawat atau karantina masih ada tiga orang," katanya.

Arnoldus menjelaskan, secara akumulatif dari 179 warga positif COVID-19 di Papua Barat sekitar 85 persen di antaranya tidak bergejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Ia mengharapkan dengan imunitas tubuh bagus maka pasien COVID-19  semua bisa sembuh.

Hingga saat ini, kata dia,  sudah 74 pasien COVID-19 di provinsi tersebut berhasil sembuh. Angka kesembuhan pasien di Papua Barat terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

"Angka kesembuhan terus meningkat sudah mencapai 41,3 persen dari 179 positif COVID-19. Kita sama-sama berdoa semoga angka kesembuhan terus naik," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan berita duka terkait satu pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia d Kota Sorong.

"Kita turut berduka cita, ada satu pasien positif COVID-19 meninggal dunia dari Kota Sorong. Hingga saat ini sudah tiga warga positif COVID-19 di Papua Barat yang meninggal dan semua dari Kota Sorong," demikian Arnoldus Tiniap.

Baca juga: Warga Manokwari-Papua Barat diminta jujur jika alami gejala COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 sembuh di Manokwari bertambah tiga

Baca juga: Terjadi penambahan empat konfirmasi positif COVID-19 di Papua Barat

Pewarta: Toyiban
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020