Penambahan itu tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo, Jatim (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mencatat hingga pukul 21.00 WIB pada Minggu malam telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sebanyak 38 orang pasien, sehingga jumlah total pasien positif COVID-19 naik menjadi 755 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr Syaf Satriawarman dalam penjeladan di Sidoarjo, Minggu malam mengatakan penambahan itu tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

"Seperti di Kecamatan Wonoayu dua orang, Kecamatan Waru tiga orang, Kecamatan Tulangan dua orang, Kecamatan Buduran seorang," katanya.

Ia mengatakan, penyebaran juga terjadi di Kecamatan Candi sembilan orang, Kecamatan Gedangan dua orang, Kecamatan Sedati seorang.

Selain itu, kata dia, penyebaran pasien positif COVID-19 di Sidoarjo juga terjadi di Kecamatan Sidoarjo delapan orang, Kecamatan Taman dua orang, Kecamatan Sukodono enam orang, dan Kecamatan Tanggulangin dua orang.

Ia mengatakan, penambahan konfirmasi meninggal seorang di Kecamatan Sidoarjo, sehingga jumlahnya sekarang menjadi 66 orang.

"Untuk kasus pasien yang sembuh juga bertambah 20 orang menjadi 56 orang," katanya.

Pihaknya saat ini terus berusaha untuk menekan penyebaran pasien positif COVID-19 di Sidoarjo, salah satunya dengan melakukan penelusuran (tracing) kepada orang yang pernah kontak dengan pasien positif.

"Kami juga akan memindahkan sekitar 122 orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 yang selama ini isolasi mandiri di rumah mereka ke Mal Pelayanan Publik (MPP), karena isolasi yang dilakukan harus menjadi satu lokasi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan kontainer yang berisi alat polymerase chain reaction (PCR) untuk membantu proses percepatan tes "swab" kepada masyarakat yang pernah kontak dengan pasien positif.

"Alatnya ada dua dengan kapasitas masing-masing sekitar 250 orang setiap harinya, sehingga nanti akan dibabat habis persebaran COVID-19 di Sidoarjo ini," demikian Syaf Satriawarman.

Baca juga: Ada tambahan 86, positif COVID-19 di Sidoarjo-Jatim dekati 500 orang

Baca juga: "Kampung Tangguh Semeru" diapresiasi ikut tekan penyebaran COVID-19

Baca juga: Gugus Tugas Jatim umumkan kasus COVID-19 mencapai 5.310 orang

Baca juga: Dinkes sebut ada dua klaster COVID-19 wilayah Waru

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020