Perayaannya dapat dilakukan antar keluarga saja,
Gorontalo (ANTARA) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo meminta kepada masyarakat yang merayakan Lebaran Ketupat agar dilakukan secara sederhana di tengah pandemi COVID-19.

"Saya mengucapkan selamat Lebaran Ketupat dan berharap masyarakat yang merayakan agar tetap melestarikan budaya ini," ujarnya.

Bagi masyarakat keturunan Jawa Tondano (Jaton) dan Gorontalo yang merayakan agar tetap dilakukan secara sederhana dan efisien mengingat saat ini sedang dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Perayaannya dapat dilakukan antar keluarga saja, hikmahnya yang utama, bukan perayaannya dengan menggelar doa," kata dia, lagi.

Baca juga: Ketua MPR: Fokus kendalikan arus balik cegah gelombang kedua COVID-19

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kata Nelson, tahun ini di Kabupaten Gorontalo yang menjadi pusat perayaan setiap tahun terbilang sepi.

"Kami memang memberi ruang, tapi yang melaksanakan hanya rumah-rumah saja, dan jika menerima tamu tidak lebih dari lima orang," ujarnya.

Nelson menegaskan jika tidak ada perayaan besar-besaran pada tahun 2020 ini dan ia telah melakukan peninjauan ke lokasi-lokasi yang biasa menjadi pusat keramaian Lebaran Ketupat.

Baca juga: Hingga H+4 Lebaran 25.506 kendaraan arus balik dihalau petugas
 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020